Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Xiaomi Mini PC Meluncur, Komputer Desktop Mungil Pesaing Mac Mini

Kompas.com - 14/12/2022, 10:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Xiaomi resmi merilis perangkat komputer (PC) desktop pertamanya yang bernama Xiaomi Mini PC di pasar China pada Senin (12/12/2022) waktu setempat.

Berbeda dengan desktop PC kebanyakan, produk terbaru Xiaomi ini memiliki form factor ringkas nan mungil, mirip dengan desktop PC bikinan Apple, Mac Mini.

Bentuknya juga tampak mirip Mac Mini. Xiaomi Mini PC memiliki dimensi 112 mm x 112 mm x 38 mm. Dengan ukuran ini, Xiaomi Mini PC bisa digenggam dengan tangan. Meski bentuknya kecil, Xiaomi Mini PC memiliki spesifikasi yang mumpuni dan bertenaga.

Di dalam desktop PC berbobot 437 gram tersebut, Xiaomi menyematkan prosesor (CPU) Intel Generasi ke-12 (Intel Core i5-1240P, 12-core, 16-thread) dengan kecepatan clock maksimal 4,4 GHz. 

Baca juga: TikToker Ubah Kompor Gas Portabel Jadi PC Gaming

CPU yang memiliki cache sebesar 12 MB dan konsumsi daya (TDP) sebesar 40 W ini dipadukan dengan pengolah grafis terintegrasi Intel Iris X. GPU ini dibekali dengan 80 execution units (EUs) yang punya kecepatan clock maksimal 1,3 GHz.

Pada sektor memori, Xiaomi Mini PC mendukung RAM DDR4 16 GB (bisa di-upgrade hingga 64 GB), serta media penyimpanan (storage) PCIe 4.0 SSD 512 GB (bisa di-upgrade hingga 4 TB).

Ilustrasi desktop PC Xiaomi Mini PC.Xiaomi Ilustrasi desktop PC Xiaomi Mini PC.
Untuk kelengkapan konektor (port), Xiaomi Mini PC hadir dengan tiga konektor USB 3.2 Gen 2, satu konektor USB 2.0, dua konektor Thunderbolt 4, dua konektor HDMI 2.1, satu konektor 2.5G LAN, 3.5 mm audio jack, dan konektor DC berdaya 100W.

Untuk aspek software, Xiaomi Mini PC menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11. Desktop PC yang bisa digenggam dengan satu tangan ini juga mendukung pemasangan OS lainnya seperti Ubuntu, OpenWWRT, UNRAID, hingga EXSI.

Fitur pendukung lainnya di Xiaomi Mini PC mencakup dukungan empat monitor beresolusi 4K, serta dukungan konektivitas WiFi 6 dan Bluetooth 5.3.

Baca juga: Xiaomi MIUI 14 Resmi Meluncur, Ada 6 Fitur Baru yang Hadir

Ada pula kipas berkecepatan 4.600 RPM untuk mendinginkan seluruh komponen hardware yang ada di dalam Xiaomi Mini PC.

Di China, Xiaomi Mini PC hanya tersedia dalam warna hitam dan dijual dengan harga 3.699 yuan atau sekitar Rp 8,2 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Rabu (14/12/2022).

Belum bisa dipastikan apakah produk ini bakal dipasarkan di luar China, seperti di Indonesia, atau tidak. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke