Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Bikin Tampilan "Progress Bar" Lebih Kalem dan Tidak Mencolok

Kompas.com - 02/01/2023, 16:27 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube diketahui tengah menguji coba tampilan baru di aplikasi YouTube versi Android. Tampilan tersebut adalah bagian "progress bar" yang kini diubah warnanya menjadi putih.

Dengan tampilan baru ini, progress bar terlihat lebih halus, kalem, dan tidak mencolok saat pengguna memutar video.

Progress bar sendiri adalah garis panjang yang terletak di bagian bawah video. Progress bar dapat memudahkan pengguna berinteraksi dengan video, seperti memajukan dan memundurkan video.

Pengguna juga bisa melihat berapa banyak video yang telah dimuat dengan koneksi internet.

Baca juga: Cara Bikin YouTube Recap 2022 buat Lihat Musik yang Sering Diputar Sepanjang Tahun

Selama ini, progress bar video di YouTube memiliki ciri khas berwarna merah. Nah, progress bar warna putih ini terpantau dapat dinikmati pada aplikasi YouTube, khususnya dalam mode gelap alias dark mode dalam orientasi potrait.

Pantauan KompasTekno, Senin (2/1/2022), smartphone Android kami yang menjalankan aplikasi YouTube versi 17.49.34 sudah kebagian progress bar warna putih ini.

Sepengalaman KompasTekno, ketika kami memutar salah satu video dan tidak berinteraksi dengan video, progress bar secara otomatis akan berjalan dengan warna putih, seperti gambar di bawah paling kiri.

Tampilan progress baru YouTube yang baru berwarna putih (paling kiri). Progress bar akan kembali berwarna merah ketika pengguna berinteraksi dengan video (tengah). Progress bar juga akan tetap berwarna merah saat aplikasi YouTube menggunakan mode light theme (paling kanan).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan progress baru YouTube yang baru berwarna putih (paling kiri). Progress bar akan kembali berwarna merah ketika pengguna berinteraksi dengan video (tengah). Progress bar juga akan tetap berwarna merah saat aplikasi YouTube menggunakan mode light theme (paling kanan).
Namun, ketika kami klik layar satu kali, progress bar akan kembali menampilkan warna merah lengkap dengan opsi lain seperti jeda/putar (pause/play), layar penuh (full screen), video selanjutnya (next), video sebelumnya (back), pengaturan (settings), hingga captions.

Baca juga: 10 Video Terpopuler di YouTube Indonesia Sepanjang 2022

Bila diklik satu kali lagi, seluruh opsi menu akan hilang dari layar, dan progress bar pun kembali berwarna putih. Bila aplikasi dalam mode terang atau light theme, progress bar akan tetap berwarna merah.

Dari situ, progress bar warna putih di aplikasi YouTube ini tampaknya dirancang agar pengguna bisa menikmati konten video dengan mulus, tanpa terganggu dengan ada warna merah dari progress bar.

Menurut laporan 9to5google, tampilan progress bar YouTube warna putih yang baru ini belum diluncurkan secara luas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com