Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5G In The Box Telkomsel, Solusi Jaringan Privat di Mana Saja

Kompas.com - 05/02/2023, 11:53 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Salah satu solusi yang dipamerkan Telkomsel Enterprise dalam ajang Solution Day adalah 5G in The Box.

Solusi ini menawarkan jaringan 5G private (private network) untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jaringan 5G yang andal, seperti di bidang pertambangan.

Telkomsel 5G in The Box pada dasarnya adalah Multi-Access Edge Computing (MEC) yang dikemas dalam satu boks, berisi BTS 5G-NR, router, dan power supply, yang bisa dipasang di mana private network ingin digelar.

Jumlah BTS dan router yang ingin digunakan juga sifatnya bisa ditambah, tergantung berapa banyak perangkat yang ingin dilayani.

Baca juga: Telkomsel Punya Solusi Menyamarkan Nomor HP

Private network adalah jaringan yang dihadirkan khusus di suatu area tertentu tanpa tergantung dengan jaringan umum.

Dengan sifatnya yang privat itulah yang membuat private network terhindar dari risiko downtime, data dan sistem terlindungi, sampai soal meminimalisir ketergantungan terhadap koneksi ke arah luar.

Enterprise bisa menggunakan jaringan 5G pribadi ini untuk beragam kebutuhan, mulai dari komunikasi mesin ke mesin, manusia dengan mesin, atau kebutuhan komunikasi dasar.

Saat perangkat 5G in The Box diuji di ajang Telkomsel Solution Day, ping atau latensi yang dihasilkan terlihat lebih rendah dibanding jaringan 5G komersil. Latensi yang rendah ini sangat dibutuhkan untuk proses otomatisasi di perusahaan-perusahaan.

Bagian dalam Telkomsel 5G MEC.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Bagian dalam Telkomsel 5G MEC.

PT. Freeport adalah salah satu perusahaan yang menggunakan solusi 5G in The Box dari Telkomsel ini, di mana jaringan privat 5G dipakai untuk mengoperasikan kendaraan tambang dari jarak jauh (remote vehicle), sehingga mengurangi risiko kecelakaan.

Baca juga: Teknologi 5G Dipakai PT Freeport untuk Kurangi Risiko Kecelakaan

"Solusi private network ini lahir karena pemahaman kita terhadap tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, karena selama ini menggunakan WiFi itu kelemahan, seperti coverage terbatas, perlu banyak pasang access point, hingga security relatif lebih lemah," ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho di sela acara Telkomsel Enterprise Solution Day di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Pada kesempatan ini juga, anak usaha Telkom tersebut menandatangani nota kesepahaman untuk mengembangkan solusi Smart Mining dan Private Network bersama perusahaan kontraktor pertambangan PT Putra Perkasa Abadi (PPA).

Dengan ragam solusi inovatif yang terus dikembangkan, Telkomsel membuka peluang bagi para pelanggan korporat untuk berkolaborasi dan berakselerasi, sekaligus mendukung misi pemerintah untuk mewujudkan revolusi industri 4.0. di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com