Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lengkap, Cara Daftar Prakerja 2023 Gelombang 48 serta Syarat dan Insentifnya

Kompas.com - 03/02/2023, 22:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Prakerja 2023, program pelatihan pengembangan kompetensi kerja dari pemerintah, akhirnya resmi dibuka sebagaimana diumumkan akun Instagram resmi Kartu Prakerja pada Jumat (3/2/2023), sekitar pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Cara Mengatasi Alamat KTP Tidak Sesuai Dukcapil saat Daftar Prakerja secara Online

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id)

Untuk diketahui, desain atau skema Prakerja 2023 sedikit berbeda dengan tahun lalu. Prakerja 2023 tidak lagi menjadi program semi-bantuan sosial. Hal ini berdampak pada peserta yang boleh mengikuti pendaftaran Prakerja 2023.

Lantaran tidak lagi menjadi program semi-bantuan sosial, pendaftaran Prakerja 2023 boleh diikuti oleh masyarakat yang terdaftar sebagai penerima bantuan sosial pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan lainnya.

Dengan skema baru, model pelatihan Prakerja 2023 lebih bervariatif, yakni terdapat pilihan untuk pelatihan secara daring, luring, maupun campuran. Kemudian, pada Prakerja 2023, total jumlah minimal jam pelatihan ditingkatkan jadi 15 jam,sedangkan tahun lalu enam jam.

Tak hanya total jumlah minimal jam pelatihan yang berbeda, tetapi bantuan biaya pelatihan dan insentif pada Prakerja 2023 juga berbeda dari sebelumnya.

Baca juga: Link dan Cara Daftar Nikah Online di KUA serta Syaratnya, Gratis Tanpa Biaya Tambahan

Dikutip dari laman resmi Prakerja, adapun rincian biaya pelatihan dan insentif Prakerja 2023 yang bakal diterima peserta adalah sebagai berikut.

Bantuan biaya pelatihan dan insentif Prakerja 2023

  • Bantuan biaya pelatihan: Rp 3,5 juta
  • Biaya pengganti transportasi dan internet atau insentif pascalatihan: Rp 600.000 (satu kali)
  • Insentif pengisian survei: Rp 50.000 (dua kali jadi Rp 100.000)

Jadi, total insentif Prakerja 2023 adalah sebesar 4,2 juta dengan lebih meningkatkan nilai bantuan biaya pelatihan. Tahun lalu, bantuan biaya pelatihan hanya sebesar Rp 1 juta dengan total insentif pascapelatihan Rp 2,4 juta dan pengisian survei Rp 150.000.

Itulah bantuan biaya pelatihan dan insentif Prakerja 2023 yang bakal diterima peserta. Sementera itu, dengan adanya pengumuman ini, artinya masyarakat kini sudah bisa melakukan pendaftaran Prakerja 2023 untuk mengikuti gelombang pelatihan yang ke-48.

Saat telah daftar, peserta nanti bisa langsung ikut seleksi Prakerja 2023 gelombang 48.
Lantas, bagaimana cara daftar Prakerja 2023? Sebelum mengetahui caranya, simak dulu syarat daftar Prakerja 2023 terlebih dahulu seperti yang tertera di bawah ini.

Syarat daftar Prakerja 2023

  • WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Bila telah memahami syarat di atas, masyarakat bisa melakukan pendaftaran di situs “prakerja.go.id”. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara daftar Prakerja 2023 supaya bisa mengikuti pelatihan gelombang pertama di tahun ini.

Cara daftar Prakerja 2023 di prakerja.go.id

  • Kunjungi link pendaftaran Prakerja 2023 ini https://www.prakerja.go.id/.
  • Kemudian, pilih menu “Daftar Sekarang”. Lalu, masukkan alamat email aktif dan buat password. Selanjutnya, klik opsi “Daftar”.
  • Lakukan verifikasi KTP dengan memasukkan data NIK, nomor KK, dan tanggal lahir.
  • Isi semua data diri dengan benar, termasuk mengisi alamat asal, alamat domisili, nama lengkap sesuai KTP, dan sebagainya.
  • Lakukan foto dan unggah e-KTP asli.
  • Setelah foto e-KTP terunggah dan diterima, silakan lanjutkan untuk melakukan verifikasi wajah dengan melakukan foto selfie sesuai arahan yang tertera.
  • Jawab pertanyaan alasan keikutsertaan. Jawab pula pertanyaan seputar minat dan keterampilan diri.
  • Setelah itu, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi nomor telepon. Masukkan kode OTP yang dikirim nomor telepon terkait.
  • Isi pernyataan pendaftar sesuai latar belakang profesi.
  • Kemudian, pendaftar bakal diminta buat melakukan tes kemampuan dasar dulu di situs prakerja.go.id.
  • Setelah mengerjakan tes, kini akun berhasil dibuat dan peserta bisa mendaftar Prakerja 2023 gelombang 48.
  • Untuk mengikuti Prakerja 2023 gelombang 48, pada halaman dashboard situs Prakerja, silakan klik “Gabung Gelombang”.
  • Peserta bakal memperoleh informasi lebih lanjut apabila lolos untuk mengikuti Prakerja 2023 gelombang 48. Informasi disampaikan melalui SMS dan e-mail, bisa pula dilihat di situs Prakerja.

Untuk saat ini, berdasarkan pantauan KompasTekno di halaman dashboard Prakerja per Jumat (3/2/2023), sekitar pukul 21.30 WIB, Prakerja 2023 gelombang 48 diketahui masih belum tersedia.

Baca juga: Kenapa Dashboard Prakerja Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kendati belum tersedia, tak ada salahnya buat daftar akun terlebih dahulu, sehingga peserta nanti bisa langsung ikut seleksi saat Prakerja 2023 gelombang 48 dibuka. Demikianlah penjelasan seputar cara daftar Prakerja 2023, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com