BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan MSI

Diadaptasi dari Karya Fiksi Populer, Intip Keseruan Gim Hogwarts Legacy yang Tengah Trending

Kompas.com - 28/02/2023, 09:25 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.comHogwarts Legacy menjadi salah satu rilisan gim terbaru yang digandrungi oleh para gamer. Hal ini memang bukan tanpa alasan.

Pasalnya, gim yang dirilis pada Jumat (10/2/2023) itu diadaptasi dari novel karya fiksi Harry Potter. Seperti diketahui, fiksi ciptaan JK Rowling ini memiliki jutaan basis penggemar yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Selain itu, Hogwarts Legacy juga dapat dimainkan di berbagai platform, mulai dari konsol, seperti PlayStation 5 dan Xbox, hingga personal computer (PC).

Hogwarts Legacy sendiri menceritakan seorang murid tahun kelima yang baru pindah ke Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry. Tokoh ini memiliki sebuah kunci rahasia yang dapat digunakan untuk mengakses ilmu sihir kuno.

Akibatnya, sang tokoh diserang oleh kelompok yang ingin memiliki kunci tersebut saat ia sedang dalam perjalanan menuju Hogwarts. Seiring perkembangan alur cerita, sang tokoh utama akan mempelajari berbagai ilmu sihir kuno untuk bertarung melawan para monster dan penyihir jahat.

Pada gim tersebut, pemain dapat menikmati peran layaknya keseharian murid yang tengah mempelajari ilmu sihir di Sekolah Hogwarts.

Pemain juga dapat membentuk karakter tokoh utama yang akan dimainkan sesuai preferensi, mulai dari jenis kelamin, bentuk wajah dan tubuh, jenis suara, hingga aksesori untuk memperindah karakter.

Untuk meningkatkan level karakter, pemain dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari menyelesaikan misi hingga mengalahkan berbagai monster yang ada di Hogwarts.

Baca juga: Daftar Harga Laptop MSI Juli 2022

Selain menikmati petualangan, pemain juga dapat merasakan keseruan saat mengikuti berbagai pelajaran di Hogwarts. Sebut saja, Herbology, Potion Class, Charms, serta Defence Against the Dark Arts. Kelas-kelas tersebut bisa meningkatkan level mantra serta keterampilan karakternya.

Dari segi gameplay, Hogwarts Legacy mengusung genre open-world role playing game (RPG). Dengan demikian, pemain dapat mengunjungi sejumlah area menarik di sekitar Hogwarts serta menuntaskan misi seru untuk mendapatkan experience point.

Menariknya lagi, pemain juga dapat mengunjungi berbagai spot ikonik dalam dunia fiksi karangan JK Rowling itu. Sebut saja, pusat perbelanjaan penyihir "Diagon Alley", hutan terlarang "Forbidden Forest, serta desa penyihir "Hogsmeade".

Spesifikasi rekomendasi untuk grafis “rata kanan”

Selain diadaptasi dari fiksi populer dan menawarkan gameplay menarik, popularitas Hogwarts Legacy juga tak terlepas dari tampilan grafis yang begitu menawan.

Berkat hal itu pula, gim besutan Avalanche Software tersebut berhasil meraih posisi pertama dalam chart Game Wishlist di platform gim desktop kenamaan dunia, Steam.

Sebagai informasi, kamu yang berencana membeli Hogwarts Legacy di platform Steam dapat memanfaatkan program “Super Early Bird” dari jenama laptop MSI. Melalui program ini, kamu berkesempatan mendapatkan Steam Code hingga 100 dollar AS.

Baca juga: Simak 7 Hal Penting Berikut Sebelum Beli Laptop

Cara mendapatkannya pun mudah. Kamu cukup membeli laptop MSI RTX 40 Series di e-commerce untuk mendapatkan Steam Code senilai 50 dollar AS. Setelah itu, kamu bisa memberikan ulasan atau review produk tersebut untuk mendapatkan tambahan Steam Code senilai 50 dollar AS.

Program Super Early Bird MSI berlangsung sejak 8 Februari hingga 31 Maret 2023. Klik tautan ini untuk informasi lengkap, termasuk syarat dan ketentuan promo tersebut. 

Program ?Super Early Bird? dari MSI. DOK. MSI. Program ?Super Early Bird? dari MSI.
Nah, kamu yang berencana memainkan Hogwarts Legacy di platform desktop dengan pengaturan grafis maksimal atau “rata kanan”, pastikan perangkat yang digunakan memiliki spesifikasi mumpuni.

Perangkat yang digunakan setidaknya memiliki prosesor dengan kecepatan 3,8 gigahertz (GHz), seperti Intel Core i7-10700K atau AMD Ryzen 7 5800X.

Sementara untuk kartu grafis (GPU), perangkat yang digunakan minimal dilengkapi Nvidia GeForce RTX 3090 Ti atau AMD Radeon RX 7900 XT. Adapun kapasitas memori yang dibutuhkan setidaknya 32 gigabita (GB) atau dua kali lipat dari spesifikasi minimal yang dianjurkan developer gim tersebut.

Mainkan gim rata kanan di laptop, bisa?

Perlu dicatat bahwa spesifikasi di atas berlaku untuk PC. Jika ingin memainkan Hogwarts Legacy dengan pengaturan rata kanan di laptop, kamu membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi.

Pasalnya, perangkat laptop didesain dengan energi dan tenaga yang lebih efisien ketimbang perangkat desktop.

Adapun perangkat yang dapat memenuhi spesifikasi tersebut adalah laptop dengan GPU RTX 40 Series. Seperti diketahui, GPU RTX 40 Series merupakan penerus seri RTX 30 Series.

Laptop dengan GPU RTX 40 Series dibekali berbagai fitur dan teknologi GPU terkini dari Nvidia. Sebut saja, Deep Learning Super Sampling (DLSS) 3 untuk peningkatan frame per second (FPS) dan fitur anti-lag, Ray Tracing dan RT Core untuk pencahayaan yang detail dan realistis, serta Nvidia Max-Q untuk memaksimalkan dan efisiensi daya laptop.

Baca juga: Rambah Pasar Bisnis, MSI Perkenalkan Laptop Bisnis Pertamanya

Salah satu jenama tepercaya yang merilis laptop seri RTX 40 Series adalah MSI. Jenama ini sudah dikenal sebagai produsen laptop gaming dengan spesifikasi tinggi. Sebagai informasi, MSI merupakan produsen laptop pertama yang berhasil membawa seri laptop RTX 40 ke Indonesia.

Sebagai informasi, MSI merilis beberapa varian laptop seri RTX 40 Series, seperti Katana Series, Cyborg Series, Stealth Series, Raider GE series, serta Titan GT Series.

 

Jajaran laptop GPU RTX 40 Series yang diluncurkan MSI. DOK. MSI. Jajaran laptop GPU RTX 40 Series yang diluncurkan MSI.

Untuk memainkan Hogwarts Legacy dengan pengaturan grafis rata kanan di laptop, kamu bisa menggunakan Titan GT77 HX. Pasalnya, varian tertinggi MSI RTX 40 Series ini dibekali prosesor Intel Core i9-13980HX, GPU RTX 4090 dengan VRAM 16 GB GDDR6, serta RAM DDR5 (32GB x 2) dual-channel berkapasitas 64 GB.

Dengan spesifikasi tersebut, Titan GT77 HX dapat melibas berbagai aktivitas komputasi berat yang biasanya dilakukan di desktop, seperti bermain gim triple A dengan resolusi 4K, streaming game, rendering 3D, serta editing video 4K.

Satu tingkat di bawah Titan GT Series, terdapat Raider GE series yang memiliki satu varian, yakni Raider GE78 HX 13V. Laptop ini dibekali prosesor Intel Core i9-13950HX, GPU hingga RTX 4090 VRAM 16 GB GDDR6, serta RAM DDR5 (32GB x 2) dual-channel berkapasitas 64 GB.

Kemudian, ada MSI Stealth Series yang memiliki varian Stealth 17 Studio A13V. Stealth 17 Studio A13V memiliki prosesor Intel Core i9-13900H, GPU hingga RTX 4090 VRAM 16 GB GDDR6, serta RAM DDR5 (32GB x 2) dual-channel berkapasitas 64 GB.

Untuk kelas entry level, MSI menyediakan Cyborg Series dan Katana Series. Cyborg Series menggunakan prosesor Intel Core 17-12650H, GPU hingga RTX 4060 berkapasitas video RAM (VRAM) hingga 8 GB GDDR6. Laptop seri ini memiliki empat varian.

Sementara itu, Katana Series dibekali prosesor Intel Core i7-13620H dan GPU RTX 4060 berkapasitas video RAM (VRAM) hingga 8 GB GDDR6. Katana Series hanya memiliki satu varian

Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli laptop RTX 40 Series dari MSI untuk memainkan Hogwarts Legacy dengan grafis rata kanan dan nikmati hadiah Steam Code hingga sebesar 100 dollar AS.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Penerbit 'GTA 6' PHK 600 Karyawan dan Batalkan Proyek Rp 2,2 Triliun

Penerbit "GTA 6" PHK 600 Karyawan dan Batalkan Proyek Rp 2,2 Triliun

Game
TikTok Notes, Aplikasi Pesaing Instagram Meluncur di Dua Negara

TikTok Notes, Aplikasi Pesaing Instagram Meluncur di Dua Negara

Software
HP Vivo T3X 5G Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Baterai Jumbo

HP Vivo T3X 5G Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Baterai Jumbo

Gadget
Siap-siap, Pengguna Baru X Twitter Bakal Wajib Bayar Buat 'Ngetwit'

Siap-siap, Pengguna Baru X Twitter Bakal Wajib Bayar Buat "Ngetwit"

Software
Daftar Paket Internet eSIM Telkomsel, PraBayar, Roaming, Tourist

Daftar Paket Internet eSIM Telkomsel, PraBayar, Roaming, Tourist

e-Business
8 Cara Mengatasi Kode QR Tidak Valid di WhatsApp atau “No Valid QR Code Detected”

8 Cara Mengatasi Kode QR Tidak Valid di WhatsApp atau “No Valid QR Code Detected”

e-Business
Ramadhan dan Idul Fitri 2024, Trafik Internet Telkomsel Naik 12 Persen

Ramadhan dan Idul Fitri 2024, Trafik Internet Telkomsel Naik 12 Persen

Internet
Tampilan Baru WhatsApp Punya 3 Tab Baru, “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”, Apa Fungsinya?

Tampilan Baru WhatsApp Punya 3 Tab Baru, “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”, Apa Fungsinya?

Software
HMD Perkenalkan Boring Phone, HP yang Dirancang 'Membosankan'

HMD Perkenalkan Boring Phone, HP yang Dirancang "Membosankan"

Gadget
7 HP Kamera Boba Mirip iPhone Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya

7 HP Kamera Boba Mirip iPhone Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya

Gadget
Motorola Edge 50 Ultra dan 50 Fusion Meluncur, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Motorola Edge 50 Ultra dan 50 Fusion Meluncur, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Gadget
Apple Investasi Rp 255 Triliun di Vietnam, di Indonesia Hanya Rp 1,6 Triliun

Apple Investasi Rp 255 Triliun di Vietnam, di Indonesia Hanya Rp 1,6 Triliun

e-Business
Ketika Sampah Antariksa NASA Jatuh ke Bumi Menimpa Atap Warga

Ketika Sampah Antariksa NASA Jatuh ke Bumi Menimpa Atap Warga

Internet
CEO Apple Bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto Bahas Kolaborasi

CEO Apple Bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto Bahas Kolaborasi

e-Business
'Fanboy' Harap Bersabar, Apple Store di Indonesia Masih Sebatas Janji

"Fanboy" Harap Bersabar, Apple Store di Indonesia Masih Sebatas Janji

e-Business
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com