Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Windows 11, Pengguna Bisa Akses Bing Lebih Cepat

Kompas.com - 01/03/2023, 10:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft pekan ini memperbarui sistem operasi (OS) Windows 11 dengan seabrek fitur baru. Salah satunya adalah kehadiran mesin pencari (search engine) Bing di taskbar dan menu Start Windows 11. 

Dengan adanya integrasi Bing dengan Windows 11 ini, pengguna yang ingin mencari jawaban atau informasi di internet kini bisa mengeklik kolom pencarian "Search" di taskbar Windows 11 mereka, tanpa harus membuka peramban (browser) internet. 

Selanjutnya, Bing akan menampilkan hasil pencarian secara langsung di tampilan menu Start Windows 11, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Microsoft Umumkan Bing Versi Baru dengan Chatbot AI Mirip ChatGPT

Meski demikian, jika ingin menggunakan layanan chatbot Bing, pengguna harus menggunakan atau membuka browser internet mereka dengan menekan tombol "Chat" yang terletak tepat di bawah kolom pencarian menu Start Windows 11. 

Ilustrasi tombol chatbot Bing yang ada di menu Start Windows 11.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi tombol chatbot Bing yang ada di menu Start Windows 11.

Selain Bing, update terbaru Windows 11 juga menghadirkan pembaruan pada aplikasi Phone Link. Kini, aplikasi tersebut mendukung smartphone dengan sistem operasi (OS) iOS.

Sebelumnya, Phone Link hanya bisa dipakai pengguna untuk menghubungkan ponsel dengan OS Android saja.

Sama seperti Phone Link di ponsel Android, Phone Link di ponsel iOS memungkinkan pengguna iPhone membaca notifikasi, pesan singkat (SMS), dan melakukan panggilan secara langsung dari komputer atau laptop (PC) mereka.

Microsoft juga menghadirkan beberapa fitur baru seperti Windows Studio Effects untuk meningkatkan kualitas atau mengubah efek audio dan video dalam berbagai kegiatan, hingga Quick Assist untuk membantu pengguna lain menyelesaikan masalah di PC mereka.

Ilustrasi Phone Link di ketika dihubungkan dengan iPhone.Microsoft Ilustrasi Phone Link di ketika dihubungkan dengan iPhone.

Ada pula fitur baru yang disematkan ke beberapa aplikasi bawaan Windows 11 seperti Snipping Tool yang kini memiliki fitur screen recording, Notepad yang kini memiliki tampilan berbasis tab seperti browser internet, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Kata Kunci Google Diklaim Paling Populer di Mesin Pencari Bing

Nah, untuk ketersediaan, beragam fitur baru Windows 11 ini diklaim Microsoft bakal bisa dinikmati pengguna secara penuh mulai Maret 2023 ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Windows.com, Rabu (1/3/2023). 

Agar bisa mendapatkan aneka fitur anyar ini, pengguna terlebih dahulu harus memperbarui Windows 11 mereka ke versi 22H2 lewat menu "Settings" > "Windows Update" > dan mengeklik tombol "Check for updates". 

Khusus untuk chatbot Bing, layanan tersebut kini masih dalam tahap uji coba dan bakal bisa dijajal pengguna dalam beberapa waktu ke depan. Artinya, ada kemungkinan beberapa pengguna belum bisa menjajal fitur yang mirip ChatGPT ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com