Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Turun, Kamera Samsung Galaxy A54 Justru "Naik Kelas"

Kompas.com - 22/03/2023, 08:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy A54 resmi dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp 6 juta untuk varian memori RAM 8 GB/128 GB.

Salah satu keunggulan yang menjadi nilai jual Galaxy A54 adalah kamera utama 50 MP. Resolusi ini berbeda dengan kamera utama Galaxy A53 sebesar 64 MP.

Sebagian konsumen mungkin berpikir kamera Galaxy A54 menurun, karena memiliki angka megapiksel yang lebih kecil.

Namun, Samsung menjelaskan, sebenarnya kamera 50 MP Galaxy A54 itu justru "naik kelas" dibandingkan kamera 64 MP Galaxy A53. Pasalnya, kamera 50 MP Galaxy A54 kini memiliki ukuran sensor dan piksel yang lebih besar.

Baca juga: Menjajal Galaxy A54 5G, HP Menengah Samsung Mirip Galaxy S23

"Angka megapikselnya mungkin lebih kecil, tapi hasilnya akan berbeda. Karena sensor size-nya dan ukuran pixel kamera 50 MP Galaxy A54 lebih besar dibanding Galaxy A53. Otomatis, Galaxy A54 bisa mendapatkan gambar yang jauh lebih tajam dan bagus," kata Taufiq Furqan selaku MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN).

Taufik merinci, kamera 50 MP Galaxy A54 5G itu menggunakan sensor Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/5.6 inci dan tiap pikselnya berukuran 1 mikron. 

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Ilham Indrawan (kiri) dan MX Product Marketing Manager SEIN, Taufiq Furqan (kanan), hadir dalam acara NDA Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G, di Jakarta, Jumat (10/3/2023).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Ilham Indrawan (kiri) dan MX Product Marketing Manager SEIN, Taufiq Furqan (kanan), hadir dalam acara NDA Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G, di Jakarta, Jumat (10/3/2023).
Tak hanya soal ukuran sensor dan piksel, Samsung juga meningkatkan alias meng-upgrade aspek OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera 50 MP Galaxy A54.

Kini, kamera tersebut memiliki OIS dengan sudut yang lebih lebar, yakni 1,5 derajat. Sebagai perbandingan, Galaxy A53 memiliki OIS sudut sebesar 0,95 derajat.

"Benefit sudut OIS yang lebih besar ini adalah bisa menghasilkan foto dan video yang lebih stabil lagi," kata Ilham Indrawan selaku MX Product Marketing Senior Manager SEIN.

Kamera Samsung A54 juga didukung sensor all-pixel autofocus (AF) yang sekarang 56 persen lebih lebar ketimbang pendahulunya. Alhasil, ponsel ini bisa digunakan menjepret foto yang tajam di semua pikselnya.

Kemampuan kamera 50 MP Galaxy A54 juga ditingkatkan berkat adanya fitur baru Nightography. Taufik mengatakan, Samsung pertama kalinya membawa fitur eksklusif dari lini ponsel flagship Galaxy S Series ke lini ponsel menengah Galaxy A Series lewat Galaxy A54 ini.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A54 di Indonesia

Dengan tambahan fitur Nightography, Galaxy A54 dapat memotret obyek foto dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Saat kamera Galaxy A54 mendeteksi pencahayaan yang minimal (low light), fitur Auto Night akan secara otomatis mengubah kamera ke settingan Night Mode alias Nightography. Dengan fitur Nightography, menurut Samsung, hasil gambar akan lebih tajam, sehingga mengurangi potensi blur.

Kamera utama 50 MP itu ditemani oleh dua kamera lain, yaitu kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dan kamera makro 5 MP.

Di Indonesia, Samsung A54 ditawarkan dalam pilihan warna Awesome Graphite, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Lime. Adapun harga Samsung Galaxy A54 di Indonesia adalah sebagai berikut:

Harga Samsung A54 tersebut terbilang sama dengan pendahulunya, Galaxy A53. Bahkan harga Galaxy A5G varian 8 GB/256 lebih murah Rp 100.000 dibanding harga peluncuran Galaxy A53 dengan varian memori yang sama.

Bila masih penasaran soal Samsung A54, pengguna bisa membaca artikel berikut ini:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com