Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plakat dengan Tanda Tangan Asli Steve Jobs Dijual Rp 1,4 Miliar

Kompas.com - 27/03/2023, 12:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Barang peninggalan pendiri Apple, Steve Jobs, kerap dilelang dan terjual dengan harga tinggi. Baru-baru ini, sebuah plakat bertanda tangan Steve Jobs dijual dengan banderol lebih dari Rp 1 miliar. 

Plakat tersebut merupakan sebuah penghargaan yang diberikan oleh Apple kepada karyawan bernama Suzanne Linbergh yang menjabat sebagai Executive Marketing pada tahun 2000.

Kala itu, Lindberg telah mendedikasikan dirinya untuk bekerja di perusahaan selama 10 tahun. Plakat tersebut menjadi sangat istimewa karena menjadi salah satu dari sedikit benda yang ditandatangani Steve Jobs secara langsung.

Sebab, perusahaan kemudian beralih ke tanda tangan cap atau tanda tangan cetakan untuk plakat penghargaan yang diberikan kepada karyawan.

Baca juga: Steve Jobs “Hidup Lagi”, Ngomong soal ChatGPT

Penghargaan yang ditandatangani oleh Steve Jobs itu dijual dengan harga yang sangat mahal di Moments in Time, situs yang menjual barang langka. Plakat tersebut dijual seharga 95.000 dollar AS (sekitar Rp 1,4 miliar).

Harga benda tersebut bahkan dijual lebih mahal daripada mobil listrik Tesla Model S, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Senin (27/3/2023). Sebagai gambaran, mobil listrik Tesla dijual seharga 89.990 dollar AS atau setara dengan Rp 1,38 miliar.

Plakat penghargaan yang ditandatangani Steve Jobs dihargai sekitar 95.000 dollar AS atau setara dengan Rp 1,4 miliarMoments in Time Plakat penghargaan yang ditandatangani Steve Jobs dihargai sekitar 95.000 dollar AS atau setara dengan Rp 1,4 miliar

 

Berdasarkan deskripsi dari Moments in Time, plakat tersebut tampak berbentuk persegi panjang itu dibingkai dengan frame berwarna emas dan memiliki kondisi yang rapi.

Tidak hanya berisi tanda tangan Steve Jobs saja, tercantum juga pesan singkat untuk mengapresiasi kinerja Lindbergh. Surat tersebut berbunyi:

“Plakat sepuluh tahun ini mengakui mereka yang telah berkontribusi selama sepuluh tahun untuk mencapai target pribadi hingga kesuksesan untuk Apple. Apple tidak hanya menghargai bakat, antusiasme, dan energimu saja, tetapi juga kreativitas dan komitmen karier yang sudah dilakukan selama sepuluh tahun”.

“Kami harap Anda terus percaya, sama seperti kami, bahwa perjalanan yang sudah dilalui adalah penghargaan terbaik”.

Baca juga: Penampakan Sandal Birkenstock Milik Steve Jobs Seharga Rp 3,4 Miliar

Untuk menjaga keaslian plakat penghargaan yang dijual, Moments in Time juga menyertakan plakat tersebut dengan sertifikasi PSA/DNA.

Sertifikasi tersebut ditujukan untuk menjamin keaslian benda seumur hidup kepada kolektor yang akan membeli plakat penghargaan.

Benda tersebut ditandai menggunakan tinta permanen yang tidak terlihat, tinta DNA sintetis. Keaslian barang bisa diverifikasi atau dibuktikan menggunakan laser inframerah berpemilik.

Jika ingin melihat langsung plakat penghargaan yang ditandatangani Steve Jobs, bisa mengeklik tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com