Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Haptics, Teknologi yang Bisa Bikin Gadget Bergetar saat Disentuh

Kompas.com - 01/04/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai sebuah teknologi, Haptics telah digunakan dalam berbagai jenis gadget dan hardware yang ada saat ini. Sebagian dari Anda pun mungkin juga telah mendengar keberadaan teknologi ini di sebuah perangkat.

Kendati mungkin sudah pernah mendengar keberadaannya, namun tahukah apa itu Haptics? Bila tertarik untuk memahami lebih lanjut soal apa itu Haptics, bagaimana cara kerja Haptics, serta fungsi dan contohnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Setelah eSIM, Kini Hadir Kartu SIM Digital Baru iSIM, Apa Itu?

Apa itu Haptics dan bagaimana cara kerjanya?

Lantaran sudah banyak digunakan di berbagai gadget dan hardware, Anda mungkin sudah sempat merasakan atau menjajal teknologi Haptics, tetapi bisa saja tidak mengenali bahwa itu adalah Haptics.

Secara definisi, Haptics adalah teknologi yang dapat menghasilkan atau mensimulasikan sensasi sentuhan, paksaan, dan gerakan di sebuah gadget dan hardware. Haptics biasanya dikenal sebagai fitur yang bisa menghasilkan getaran (vibration) pada perangkat.

Akan tetapi, Haptics sejatinya bukan hanya menghasilkan getaran, melainkan juga gerakan atau motion. Dalam menghasilkan berbagai sensasi di perangkat, Haptics bekerja dengan pemicu tertentu.

Saat terdapat pemicu, Haptics bakal memberikan umpan balik ke pengguna melalui perangkat. Umpan balik itu bisa berupa sensasi getaran, sentuhan, paksaan, atau gerakan.

Hubungan pemicu dan umpan balik dalam cara kerja Haptics itu bisa dilihat pada beberapa aktivitas. Misalnya, pengguna mengetuk tombol di keyboard smartphone. Lalu, smartphone bakal bergetar untuk menunjukkan bahwa pengguna telah benar menyentuh tombol itu.

Bentuk pemicu dan umpan balik yang dicontohkan di atas pada dasarnya termasuk dalam jenis Haptics Feedback. Untuk diketahui, mekanisme atau cara kerja Haptics terdiri dari beberapa jenis.

Baca juga: Apa Itu Black Hat SEO, Praktik Jahat yang Dipakai Link Judi Slot di Situs Pemerintah dan Institusi Pendidikan?

Jenis-jenis Haptics terbagi berdasarkan bentuk pemicu dan umpan balik yang bisa disimulasikan. Sebagai contoh, selain Haptics Feedback, terdapat pula Tactile Feedback dan Force Feedback.

Tactile Feedback merupakan jenis Haptics yang dapat mensimulasikan sensasi getaran sama seperti Haptics Feedback, tetapi pemicunya berbeda. Umpan balik dari Tactile Feedback bisa dipicu dari dorongan elektris, tekanan udara, dan gelombang suara.

Kemudian, dikutip dari Android Authority, Force Feedback adalah jenis Haptics yang dapat menghasilkan gerakan dan paksaan secara otomatis ketika pengguna sedang menggunakan atau mengendalikan perangkat.

Salah satu contoh penerapan jenis Haptics ini bisa dilihat pada perangkat steering wheel controller atau joystick berupa setir mobil yang biasanya digunakan untuk memainkan game balapan mobil.

Dengan Force Feedback, pengguna atau pemain yang memakai steering wheel controller, bisa merasakan sensasi bantingan dan goncangan setir pada mobil virtual yang sama seperti saat mengemudikan mobil asli di dunia nyata.

Fungsi dan contoh Haptics

Berdasar penjelasan di atas, fungsi Haptics adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan gadget atau perangkatnya. Interaksi itu ditimbulkan dari sensasi yang dapat dihasilkan Haptics ke tangan pengguna.

Misalnya, Haptics di ponsel yang dapat membuat pengguna bisa merasakan sensasi menyentuh tombol virtual serasa tombol fisik pada keyboard dengan adanya getaran dan bunyi “klik”.

Seperti yang sempat disinggung di atas, Haptics telah digunakan di berbagai gadget dan perangkat. Beberapa contoh Haptics bisa dijumpai di beberapa perangkat sebagai berikut:

  • Smartphone dan tablet
  • Berbagai jenis gaming controller
  • Perangkat wearable seperti smartwatch
  • Perangkat virtual reality

Selain daftar di atas, masih banyak lagi contoh Haptics yang terdapat di berbagai perangkat. Perangkat medis dan perangkat kendaraan pun kini juga banyak yang sudah memanfaatkan teknologi Haptics.

Baca juga: Ramai Pengguna Twitter Pindah ke Bluesky, Aplikasi Apa Itu?

Demikianlah penjelasan seputar Haptics, lengkap dengan pemaparan cara kerja, fungsi, serta contohnya, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com