Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Video Call Gratis buat Jumpa Keluarga saat Belum Bisa Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 09/04/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Jelang Idul Fitri 2023, masyarakat Indonesia biasa melakukan mudik atau pulang untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, dalam kondisi tertentu, tak semua orang bisa mudik untuk merayakan Lebaran 2023 bersama keluarga.

Alasan orang tak bisa mudik saat Lebaran nanti bisa bermacam-macam, bisa karena jarak yang ditempuh terlalu jauh, masalah biaya, dan sebagainya. Kondisi tak dapat berjumpa dengan keluarga lantaran belum bisa mudik mungkin bakal membuat sedih.

Baca juga: Daftar TV Digital Harga Rp 1 Jutaan untuk Sambut Lebaran

Akan tetapi, Anda tak usah terlalu sedih seandainya terpaksa belum bisa mudik Lebaran 2023. Untuk meminimalisir rasa sedih itu, Anda dapat memanfaatkan beberapa aplikasi video call yang bisa dipakai buat jumpa keluarga secara online.

Aplikasi video call semacam ini bisa diakses secara gratis dan hanya membutuhkan ponsel serta koneksi internet. Bila tertarik menggunakannya untuk berjumpa keluarga secara online saat Lebaran 2023, berikut adalah daftar aplikasi video call gratis.

Daftar aplikasi video call gratis buat yang belum bisa mudik Lebaran 2023

1. Zoom

Ilustrasi Zoom.BusinessInsider Ilustrasi Zoom.

Yang pertama, Anda bisa memakai aplikasi video call gratis bernama bernama Zoom. Untuk akun gratis, Zoom bisa menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan dengan waktu panggilan terbatas hingga 40 menit saja.

Aplikasi ini didesain agar pengguna dapat melakukan panggilan video dengan jumlah peserta yang banyak. Aplikasi video call gratis ini bisa diunduh lewat Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

2. Google Meet

Ilustrasi Google Meetmashable.com Ilustrasi Google Meet

Kedua, terdapat aplikasi video call gratis bernama Google Meet. Sama seperti Zoom, Google Meet juga memiliki fitur utama untuk melakukan panggilan video dengan jumlah peserta yang banyak.

Untuk akun gratis, Google Meet bisa dipakai buat menampung hingga 100 orang peserta dengan waktu panggilan hingga 60 menit. Aplikasi video call gratis ini bisa diunduh lewat Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

3. FaceTime

Aplikasi video call FaceTime buatan Apple.Apple Insider Aplikasi video call FaceTime buatan Apple.

Aplikasi video call gratis yang ketiga adalah FaceTime. Lewat FaceTime, Anda bisa membuat panggilan video buat jumpa keluarga saat Lebaran 2023 dengan total peserta hingga 32 orang.

Panggilan video di FaceTime bisa dilakukan secara gratis dan tidak memiliki batasan waktu. Namun, aplikasi sayangnya ini hanya dapat dipakai untuk sesama perangkat Apple seperti iPhone. FaceTime biasanya langsung terinstal di perangkat Apple tanpa perlu diunduh.

4. Telegram

Aplikasi Video Call Telegram nextpit Aplikasi Video Call Telegram

Aplikasi video call gratis yang keempat adalah Telegram. Selain untuk berkirim pesan secara instan, aplikasi ini juga dapat dipakai untuk membuat panggilan video dengan jumlah peserta mencapai 30 orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com