Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Edit Foto Galaxy Enhance-X Mulai Digulirkan, Ada Fitur HDR dan Fix Blur

Kompas.com - 25/04/2023, 14:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi edit foto baru Samsung bernama Galaxy Enhance-X mulai digulirkan ke pengguna global dalam versi beta.

Pemilik HP Galaxy S23 series menjadi pengguna pertama yang bisa men-download aplikasi berbasis teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) itu di Galaxy Store.

Pantauan KompasTekno pada Selasa (25/4/2023), ponsel Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra milik kami sudah kebagian Galaxy Enhance-X versi 1.0.55 dengan ukuran file 84,03 MB.

Menurut laporan SamMobile, aplikasi edit foto Galaxy Enhance-X ini juga bakal tersedia untuk HP Galaxy S22 series dan model lainnya, termasuk beberapa model Galaxy A-series, di masa mendatang.

Baca juga: 17 HP Samsung Harga Rp 10 Juta ke Atas, Smartphone Mewah buat Lebaran 2023

Diklaim lebih lengkap dan canggih

Aplikasi edit foto Galaxy Enhance-X memiliki fitur untuk menghilangkan blur dan bayangan pada foto. Aplikasi ini juga bisa membuat foto lebih terang dan tajam dengan fitur HDR.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Aplikasi edit foto Galaxy Enhance-X memiliki fitur untuk menghilangkan blur dan bayangan pada foto. Aplikasi ini juga bisa membuat foto lebih terang dan tajam dengan fitur HDR.
Galaxy Enhance-X versi beta ini dirancang sebagai aplikasi tempat berkumpulnya alat alias tools edit foto di HP Samsung. Aplikasi edit foto ini membawa teknologi AI yang lebih canggih dibanding tools edit foto bawaan yang sudah ada di HP Samsung.

Beberapa waktu lalu, KompasTekno berkesempatan mencoba aplikasi edit foto baru "Galaxy Enhance-X" secara eksklusif sebelum dirilis, saat berkunjung ke kantor pusat Samsung di Korea Selatan.

Saat mencoba Galaxy Enhance-X, kami melihat ada fitur, seperti HDR, Brighten, Fix Blur, Sharpen, Remove Reflection, Remove Shadow, Fix moire, Potrait, hingga Face.

Baca juga: Mencoba Duluan Fitur Edit Foto Samsung Galaxy Enhance-X Sebelum Dirilis

Pada dasarnya, beberapa edit foto yang ada di Galaxy Enhance-X sebenarnya sudah tersedia secara bawaan di galeri HP Samsung. Misalnya, ada fitur Remaster Picture untuk membuat foto lebih tajam dan terang. Fitur Remaster Picture juga bisa membuat foto yang blur menjadi lebih tajam.

Jadi, fungsi Remaster Picture itu sangat mirip dengan fitur HDR dan Fix Blur di Galaxy Enhance-X. Perbedaannya, pengguna bisa mengatur tingkat ketajaman dan terang foto yang dieditnya, sementara fitur Remaster Photo tidak bisa.

Kini, Samsung mencoba menjadikan tools edit foto bawaannya menjadi satu wadah dan ditingkatkan kemampuannya. Berikut beberapa fungsi dari tools edit foto di Galaxy Enhance-X.

  • HDR: membuat foto semakin terang dan tajam. Pengguna bisa atur tingkat HDR dari 1-4 poin.
  • Brighten: membuat foto lebih terang.
  • Fix Blur: membuat foto dengan obyek blur menjadi lebih tajam.
  • Sharpen: mempertajam detail foto.
  • Remove Reflection: menghilangkan pantulan dalam foto.
  • Remove Shadow: menghilangkan bayangan dalam foto.
  • Potrait: menyesuaikan efek bokeh di foto. Pengguna bisa mengatur tingkat bokeh, jenis bokeh, hingga mengganti latar belakang bokeh dengan warna solid dan menjadi foto black and white.
  • Face: menyesuaikan kehalusan wajah, warna tone kulit wajah, serta bentuk rahang.
  • Fix moire: menghilangkan flickr pada foto.

Di samping itu, Galaxy Enhance-X juga memiliki fitur "crop" untuk memudahkan pengguna memotong gambar, menu "save" untuk menyimpan hasil editan, serta menu "share" untuk membagikan foto secara instan.

Apabila penasaran, pengguna Galaxy S23 bisa mengunduh aplikasi Galaxy Enhance-X di Galaxy Store jika sudah kebagian atau klik tautan berikut. Karena versi beta, ada kemungkinan aplikasi ini masih dalam penyempurnaan.

Selengkapnya, tonton video KompasTekno berikut ini untuk melihat demonstrasi cara kerja tools edit foto berbasis AI terbaru Samsung, Galaxy Enhance-X.

@kompastekno first look on Galaxy Enhance-X, preloaded tools for photo editing in Samsung Galaxy phones. #samsungdigitalcity #samsungdigital# #samsung #withgalaxy #s23ultra #GalaxyEnhancedX ? Strawberry - Prod. By Rose

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com