Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melihat Profil LinkedIn Seseorang Tanpa Diketahui

Kompas.com - 31/05/2023, 15:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jejaring sosial profesional, LinkedIn biasanya kerap dimanfaatkan calon pekerja untuk mencari lowongan pekerjaan.

Selain mencari lowongan pekerjaan, LinkedIn juga mewadahi penggunanya untuk mengunggah portofolio dari pengalaman kerja yang sudah dilakukan. Hal tersebut dapat dilakukan sebagai upaya meningkatkan kredibilitas sebuah akun.

Semakin banyak posting-an atau portofolio yang dibagi sebuah akun, peluang akun untuk dikunjungi dan diikuti orang lain pun semakin besar. Hal tersebut bisa dimanfaatkan juga untuk menambah relasi baru.

Baca juga: Minimalisir Akun Palsu, LinkedIn Luncurkan Tiga Metode Verifikasi Baru

Apabila ada akun lain yang tertarik dan mengunjungi laman LinkedIn Anda, Anda akan diberi notifikasi. Bentuk notifikasinya akan seperti “(nama akun) viewed your profile” atau artinya “(nama akun) melihat profil Anda”.

Selain notifikasi di atas, Anda atau pengguna lain yang dikunjungi juga dapat melihat informasi lain.

Misalnya, foto profil, nama lengkap yang tercantum di LinkedIn, jabatan atau profesi pekerjaan yang dilakukan saat ini, kapan waktu akun tersebut melakukan kunjungan, dan dari mana akun tersebut mengetahui Anda.

Sebaliknya, jika Anda mengunjungi kembali akun tersebut, akun yang mendapat kunjungan bakal mendapatkan notifikasi serupa.

Informasi yang ditampilkan cukup detail. Hal tersebut memudahkan akun yang dikunjungi mengetahui mana/siapa saja profil yang pernah melakukan kunjungan. Namun, fitur ini tampaknya tidak terlalu disukai oleh pengguna yang mementingkan privasi.

Baca juga: Begini Cara Melamar Kerja di LinkedIn, Praktis dan Mudah

Untuk itu, LinkedIn menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna mengunjungi atau memeriksa akun lain secara anonim. LinkedIn tidak akan mengirim notifikasi data profil Anda ketika sedang mengunjungi akun lain.

Tidak hanya itu, ketika melakukan pencarian dan mengaktifkan fitur anonim, akun yang dikunjungi tidak dapat melihat gambar profil ataupun informasi pribadi lain milik Anda, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (30/5/2023).

Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

Cara lihat profil LinkedIn secara anonim

Cara melihat, mengunjungi, dan memeriksa profil akun LinkedIn secara anonimKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Cara melihat, mengunjungi, dan memeriksa profil akun LinkedIn secara anonim

  • Buka aplikasi Linkedin di smartphone
  • Klik ikon profil di atas kiri
  • Pilih Settings (Pengaturan) di bawah
  • Ketuk Visibilitas (Visibility)
  • Di bagian “Visibility of your profile & network” (visibilitas profil dan jaringan Anda), pilih “Profile viewing options” (opsi tampilan profil)
  • Di laman tersebut ada tiga jenis pilihan. Pertama, seluruh informasi dan foto profil Anda dimunculkan. Kedua, nama dan foto profil disembunyikan, tetapi jabatan dan lokasi dimunculkan. Ketiga, seluruh informasi disembunyikan.
  • Pilih ketiga opsi tersebut berdasarkan kebutuhan
  • Jika sudah, sistem akan menyimpan pengaturan baru tersebut
  • Profil dan data pribadi Anda kini akan disembunyikan jika melakukan kunjungan ke profil lain
  • Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com