Kompas.com - 26/05/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - LinkedIn merupakan platform yang digunakan pengguna media sosial untuk menemukan pekerjaan, berbagai tempat magang tepat, hingga menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional Anda.

Selain berfungsi sebagai platform mencari pekerjaan dan memperkuat personal branding, LinkedIn juga menyediakan beragam kelas keterampilan berbagai macam yang dapat Anda pilih sesuai karir maupun kebutuhan profesional.

Beberapa pengguna pun terkadang merasa melamar pekerjaan melalui platform LinkedIn lebih terpecaya, akurat, mudah dan praktis. Maka dari itu untuk Anda yang masih awam bagaimana cara melamar pekerjaan via LinkedIn. Berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan.

Baca juga: Begini Cara Membuat LinkedIn untuk Perusahaan

Membuat akun LinkedIn

  • Menuju ke halaman pendaftaran LinkedIn.com
  • Pilih “Daftar”
  • Isi nama depan, belakang, e-mail, dan kata sandi yang Anda gunakan
  • Klik “Bergabung sekarang”
  • Selanjutnya ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk

Sebagai catatan, pengguna diharapkan menggunakan nama asli saat membuat profil. LinkedIn tidak mengizinkan anggota menggunakan nama perusahaan dan nama samara, seperti yang telah dijelaskan di syarat dan ketentuan LinkedIn.

Cara melamar pekerjaan di LinkedIn

  • Login menggunakan akun LinkedIn Anda dengan e-mail atau password
  • Setelah melengkapi profil, masuk ke halaman beranda LinkedIn kemudian klik menu “Pekerjaan
  • Nantinya Akan muncul beberapa daftar lowongan serta deskripsi dan syarat untuk melamar
  • Setelah membaca secara detail deskripsi lowongan pekerjaan yang diinginkan Klik “Lamar”
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman portal pekerjaan untuk diarahkan mengisi data-data dan mengunggah sejumlah dokumen lamaran pekerjaan
  • Anda juga dapat memilih “Melamar Mudah” di LinkedIn. Pada fitur ini, pengguna akan melamar langsung menggunakan data-data LinkedInya
  • Nantinya akan muncul pop up yang menanyakan beberapa data pengalaman Anda
  • Setelah selesai dan data telah dilengkapi, klik “Kirim lamaran”

Baca juga: Media Sosial dari Facebook hingga LinkedIn Berwarna Biru, Ini Alasannya

Tips melengkapi profil LinkedIn dengan menarik

Sebelum melamar pekerjaan di LinkedIn, ada baiknya Anda telah melengkapi profil LinkedIn dengan melengkapi fitur-fitur LinkedIn dengan menarik. Berikut ini beberapa tipsnya.

Foto profil

Pasang foto profil dengan gaya profesional dan menarik. Artinya jangan memasang foto terlalu kaku dan terlalu formal, namun juga jangan menggunakan foto secara selfie. Berikan ekspresi wajah senyum dan ceria. Hal ini akan membuat profil LinkedIn Anda lebih segar dan menarik.

Berikan deskripsi singkat mengenai profil Anda

Jangan lupa lengkapi kolom deskripsi yang berada di bawah fitur profil Anda. Anda dapat menuliskan secara singkat mengenai profil dan minat Anda di bidang karir tertentu. Pengguna dapat menuliskan deskripsi singkat menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris.

Lengkapi fitur pengalaman dan pendidikan dengan lengkap

Setelah itu lengkapi fitur pengalaman (Experience) Anda secara lengkap. Jika memungkinkan tulis secara detail pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab Anda.

Fitur pendidikan juga sangat penting Anda cantumkan secara detail. Lebih menariknya Anda juga dapat menambahkan berbagai kegiatan yang dilakukan saat sekolah.

Baca juga: Microsoft Tutup LinkedIn di China Akhir 2021

Fitur skill dan endorsement

Fitur ini juga penting yaitu menjelaskan skill yang kita miliki. Dengan menambahkan poin-poin skill tersebut, rekruter dapat menilai secara tidak langsung bahwa Anda menguasai atau memiliki skill tersebut.

Sedangkan endorsement merupakan fitur yang lebih mengarah untuk seseorang memberikan penilain atas skill maupun pekerjaan yang telah Anda kerjakan. Umumnya fitur endorsement ini bisa Anda dapatkan melalui seseorang yang telah bekerja sama dengan Anda.

Ia akan menuliskan ulasan mengenai hasil maupun skill yang Anda miliki. Dengan menampilkan endorsement, hal ini juga dapat menilai tambah profil LinkedIn Anda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.