Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boom Esports Wakili Indonesia di Turnamen Valorant Asia Pasifik 2023

Kompas.com - 05/06/2023, 13:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim e-sports asal Indonesia, Boom Esports, menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia untuk turnamen game Valorant skala Asia Pasifik untuk tahun 2023 ini. 

Kompetisi bergengsi bernama Valorant Champions Tour (VCT) Ascension Pacific 2023 tersebut akan digelar selama 10 hari mulai 28 Juni 2023 mendatang di Bangkok, Thailand. 

Informasi masuknya Boom Esports ke kompetisi VCT Ascension Pacific 2023 ini disampaikan oleh akun resmi Instagram mereka dengan handle @boomesportsid. 

Dalam postingan ini, diketahui bahwa Boom Esports mendapatkan tiket ke turnamen internasional tersebut karena menjadi juara turnamen Valorant di skala lokal, yaitu Valorant Challengers Indonesia 2023: Split 2, yang rampung pada Minggu (4/5/2023).

Baca juga: Kronologi Tim Valorant Indonesia Walk Out di Final SEA Games, hingga Berbagi Medali Emas dengan Singapura 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BOOM Esports (@boomesportsid)

Nantinya, Boom Esports, yang digawangi "BerserX", "blaZek1ng", "famouz", "SEVERiNE", dan "Shiro", akan beradu kemampuan dengan 9 tim lainnya (total 10 tim) untuk memperebutkan total hadiah 100.000 dollar AS (sekitar Rp 1,4 miliar). 

Adapun tim-tim yang berpartisipasi dalam turnamen VCT Ascension Pacific 2023 adalah sebagai berikut: 

  1. XERXIA (Thailand)
  2. Fancy United Esports (Vietnam)
  3. Bleed Esports (Singapura)
  4. Dplus (Korea Selatan)
  5. SCARZ (Jepang)
  6. ONE Team (Taiwan)
  7. NAOS Esports (Filipina)
  8. Boom Esports (Indonesia) 
  9. Perwakilan Australia (nama tim belum diumumkan)
  10. Perwakilan India (nama tim belum diumumkan)

Aturan main VCT Ascension Pacific 2023

VCT Ascension Pacific 2023.Riot Games VCT Ascension Pacific 2023.

VCT Ascension Pacific 2023 akan dimulai dari babak liga alias Group Stage. Dalam babak ini, akan ada dua grup (masing-masing terdiri dari 5 tim) yang akan berkompetisi mengumpulkan poin terbanyak di grupnya masing-masing. 

Tiap pertandingan di babak Group Stage ini akan mengusung format Best of 3 (BO3), sehingga tim yang menang harus memiliki skor 2-0 atau 2-1. 

Pada pengujung babak Group Stage, tiga tim atas di masing-masing grup akan lolos ke babak penyisihan (Playoff), sementara dua tim lainnya akan tereliminasi.

 Baca juga: Apa itu Bug Cypher yang Bikin Indonesia Walk Out di Final SEA Games Valorant

Adapun satu tim teratas di masing-masing grup akan langsung melaju ke babak Semifinal, dua tim lainnya harus beradu kemampuan terlebih dahulu di babak perempat final (Quarterfinal). 

Seluruh pertandingan di babak Playoff akan mengadopsi format BO3, namun babak Grand Final akan mengusung format Best of 5 (BO5). Artinya, juara VCT Ascension Pacific 2023 bisa membawa pulang trofinya apabila berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0, 3-1, atau 3-2.

Jadwal dan link live streaming

Babak Group Stage VCT Ascension Pacific 2023 akan digelar selama tujuh hari pada 28 Juni-4 Juli 2023. Kemudian babak Playoff akan digelar selama tiga hari pada 7-9 Juli 2023.

Seluruh pertandingan VCT Ascension Pacific 2023 bisa disaksikan secara online dengan link live streaming berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com