Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Perusahaan ChatGPT Datang ke Indonesia Hari Ini, Bahas Teknologi AI

Kompas.com - 14/06/2023, 10:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Co-Founder dan CEO OpenAI, Sam Altman berkunjung ke Indonesia hari ini, Rabu (14/6/2023). OpenAI merupakan perusahaan di balik chatbot ChatGPT yang populer sejak akhir tahun lalu.

Adapun kedatangan Altman ke Indonesia dalam rangka memperluas pemahaman masyarakat soal teknologi kecerdasan buatan (AI).

Altman dijadwalkan berbagi pengetahuannya soal AI pada hari ini, dalam acara bertajuk “Conversation with Sam Altman” di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Acara ini digelar oleh organisasi orkestrasi Korika dengan perusahaan ventura, GDP Venture.

Baca juga: Pakai Batik ke Indonesia, Bos ChatGPT: Ini Bukan yang Pertama

Selama acara tersebut, pengunjung bisa bertanya langsung terkait AI kepada Sam Altman. Belum diketahui agenda apa saja atau daerah mana saja yang bakal disambangi oleh Altman di Indonesia.

Adapun orang nomor satu di OpenAI ini datang ke Indonesia setelah berkunjung ke beberapa negara termasuk Jepang.

Pantauan KompasTekno, Altman juga menjadwalkan kedatangannya ke beberapa negara lain termasuk Singapura dan Australia.

Sekilas profil Sam Altman

Sosok Sam Altman menjadi sorotan seiring populernya ChatGPT. Namun sebenarnya, Altman cukup populer di Silicon Valley selama hampir dua dekade, dilansir KompasTekno dari Euro News.

Awalnya Altman terjun ke dunia teknologi pada tahun 2005 sebagai mahasiswa Ilmu Komputer di Universitas Stanford.

Baca juga: Mengenal Mira Murati, Sosok Wanita di Balik ChatGPT Besutan OpenAI

Namun seperti Steve Jobs, Bill Gates dan Mark Zuckerberg, Altman berhenti kuliah pada usia 20 tahun dan memulai perusahaannya yang disebut Loopt. Layanan ini memungkinkan pengguna berbagi lokasi mereka.

Berkat kepiawaiannya, Loopt sukses meraih pendanaan lebih dari 30 juta dollar AS hingga diadopsi oleh Apple dan BlackBerry. Namun perusahaan ini gagal berkembang setelah tujuh tahun berdiri.

Akhirnya, Loopt dibeli oleh Green Dot Corporation seharga 40 juta dollar AS.

Altman juga bergabung dengan Y Combinator (YC), yaitu akselerator startup yang membantu pengembangan perusahaan termasuk Airbnb, Reddit, Dropbox dan Coinbase. Di sinilah sosok Altman mulai tenar.

Baca juga: Riset: ChatGPT Terkenal, tapi Tak Banyak Dipakai Warga AS

Pada tahun 2015, Altman bersama Elon Musk dan pendiri LinkedIn, Reid Hoffman mendirikan OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT. Setahun kemudian, Altman mengumumkan bahwa OpenAI mengembangkan AI generatif yang cocok dengan manusia atau disebut GPT-1.

Pada Januari 2021, OpenAI merilis DALL-E, yaitu Ai yang mampu menghasilkan gambar berdasarkan deskripsi pengguna. Setahun berselang, OpenAI juga meluncurkan ChatGPT, chatbot canggih yang mampu menghasilkan teks jawaban sesuai permintaan atau pertanyaan pengguna.

Sejak akhir tahun 2022, layanan ChatGPT populer dipakai di sejumlah negara termasuk di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com