Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis Fitur "Help Me Write" di Gmail, Tulis E-mail Bisa Suruh AI

Kompas.com - 16/06/2023, 07:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google mulai menggulirkan fitur "Help Me Write" untuk Gmail di Android dan iOS. Seperti namanya, fitur ini bisa membantu pengguna menuliskan e-mail, dengan memanfaatkan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI).

Fitur itu awalnya diumumkan perusahaan di ajang konferensi pengembang tahunan atau disebut Google I/O pada akhir Mei lalu.

Sekarang, fitur "Help Me Write" tersedia untuk pengguna yang tergabung dalam program Workspace Lab. Program ini semacam wadah uji coba bagi pengguna yang ingin menjajal lebih dulu fitur-fitur baru Google Workspace, sebelum akhirnya dirilis secara luas ke publik.

Nah, bila Anda termasuk pengguna yang ikut Workspace Lab, Anda akan menemukan tombol "Help Me Write" di pojok kanan bawah kolom e-mail di Gmail. Tombolnya memiliki ikon pensil dengan kelir hijau.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail agar Tidak Mudah Ditembus Peretas

Dengan mengeklik tombol tersebut, pengguna akan mendapatkan kolom untuk memasukkan perintah berupa teks. Kemudian, tekan menu "Create" untuk mengonfirmasi perintah.

Ilustrasi penggunaan fitur Help me write di Gmail9to5Google Ilustrasi penggunaan fitur Help me write di Gmail

Selanjutnya, teks akan dimasukkan ke kolom utama e-mail agar bisa ditinjau terlebih dahulu, apakah sesuai perintah atau tidak.

Bila dirasa kurang cocok, pengguna bisa merevisi teks e-mail dengan aneka menu "Help Me Write" yang tersedia. Misalnya, meminta Gmail untuk mengubah kalimat e-mail menjadi lebih formal atau meringkasnya.

Ilustrasi penggunaan fitur Help me write di Gmail9to5Google Ilustrasi penggunaan fitur Help me write di Gmail

Proses revisinya juga akan terlihat langsung oleh pengguna setelah menekan tombol "Replace" (ganti) dalam waktu beberapa detik.

Baca juga: Google Bersih-bersih, Gmail yang Tidak Aktif Bakal Dimatikan dan Dihapus Datanya

Selain fitur "Help Me Write", Google juga mengumumkan fitur berbasis AI lainnya di Google I/O. Salah satunya yaitu fitur "Magic Editor" untuk Google Photos.

Fitur "Magic Editor" berfungsi untuk menghapus obyek tertentu dari sebuah foto. Tak hanya mampu menghapus obyek, "Magic Editor" juga bisa dipakai untuk membuat obyek tertentu menjadi lebih cerah atau bahkan memindahkan satu obyek ke posisi lain.

Sayangnya, fitur ini baru akan hadir di ponsel Pixel tertentu saja pada akhir tahun ini. Belum diketahui apakah Magic Editor juga akan rilis untuk ponsel Android lainnya atau tidak.

Fitur berbasis AI lainnya yang diumumkan di Google I/O yaitu kemampuan Google Search untuk memahami pertanyaan yang lebih panjang.

Selain itu, Google Search juga akan mampu memberikan cuplikan informasi penting yang mudah dibaca sehingga pengguna tidak perlu berlama-lama menggulir hasil pencarian terus-menerus demi mendapat jawaban yang tepat.

Fitur berbasis AI ini masih dalam tahap eksperimen. Namun, pengguna yang tertarik mencobanya bisa mendaftar melalui Search Lab yang ada di aplikasi Google Search.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com