Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Aquos FV1 Meluncur, TV Mini LED Pertama Sharp di Indonesia

Kompas.com - 05/07/2023, 13:18 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sharp Electronics Indonesia resmi meluncurkan TV XLED Sharp Aquos FV1, Rabu (5/7/2023). Ini merupakan televisi dengan teknologi panel Mini LED pertama Sharp di Indonesia.

Televisi ini sebelumnya sudah diperkenalkan di Jepang pada Mei lalu. Adapun Sharp memboyong dua model dengan ukuran layar yang berbeda, yakni 65 inci (4T-C65FV1) dan model 75 inci (4T-C75FV1). Sementara seri dengan ukuran 42, 50, dan 55 inci tidak diboyong ke Tanah Air.

Meski memiliki ukuran yang berbeda, setiap model televisi ini memiliki deretan fitur dan spesifikasi yang sama.

"Sharp Electronics Indonesia untuk pertama kalinya meluncurkan TV Mini LED di Indonesia. Ini menjadi televisi Sharp yang terbaik di Tanah Air," ungkap President Director Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka di sela acara peluncuran TV XLED Sharp Aquos FV1 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Baca juga: Indonesia Sumbang 40 Persen Penjualan TV Sharp di Asia

Seperti diketahui, mayoritas TV yang beredar di pasar saat ini menggunakan panel LCD dan LED. Sharp mengambil keunggulan dari keduanya dalam panel baru XLED.

Panel Mini LED memiliki kecerahan dan kontras yang lebih unggul dari LCD dan LED. Pasalnya, ukuran backlight LED di panel ini lebih kecil 1/10 dibanding TV Sharp sebelumnya. Sehingga Sharp bisa memasang backlight LED yang 88 kali lebih banyak di satu panel.

Jumlah backlight LED yang banyak ini memungkinkan Sharp untuk mengatur tingkat peredupan lampu di satu area dengan lebih presisi.

Televisi dengan resolusi 4K (3.680 x 2.160 piksel) ini memiliki 2.000 zona peredupan (dimming zone). Sehingga, pengguna bisa menikmati kontras dan kecerahan tinggi, serta warna hitam (black level) yang lebih pekat ketimbang TV LED pada umumnya.

Kecerahan ini disebut enam kali lebih terang apabila dibandingkan dengan televisi konvensional.

Masih soal fitur, layar TV XLED Sharp Aquos FV1 dibekali teknologi Deep Chroma QD yang meningkatkan cakupan gamut warna lebih luas 20 persen dibanding TV Aquos sebelumnya.

Panel juga dilengkapi AMD FreeSync Premium untuk mengurangi efek screen tearing ketika sedang bermain game. Ada pula Auto Low Latency Mode (ALLM) yang secara otomatis mengubah latensi layar, sehingga mengurangi efek input lag.

Beralih ke desain, televisi besutan Sharp ini memiliki bezel (bingkai) layar tipis berwarna perak. Terdapat tulisan "Aquos" yang terletak di bagian kiri bawah bezel, dan ada tulisan "Sharp" di bagian tengah bawah bezel.

Baca juga: Melihat TV XLED Sharp Aquos FV1 dari Dekat

Kemudian di bagian punggung, terdapat speaker surround Aquos Real Surround System Plus (ARSS Plus) yang mencakup 11 speaker dengan daya maksimal 85 Watt.

Sebanyak 11 speaker itu terdiri atas 1 subwoofer di tengah, 4 tweeter, serta 6 mid range yang disebar di empat sudut televisi, termasuk speaker di sisi atas yang memantulkan suara ke langit-langit ruangan dan didukung teknologi Dolby Atmos.

Soal koneksi, TV Mini LED ini memiliki dua port USB-A dan empat port HDMI 2.1 yang ditempatkan di sisi kanan dan belakang televisi. Salah satu port HDMI mendukung eARC alias Audio Return Channel.

Harga TV XLED Sharp Aquos FV1 di Indonesia

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, TV XLED Sharp Aquos FVI hadir di Indonesia dalam model 4T-C65FV1 (layar 65 inci) dan 4T-C75FV1 (layar 75 inci).

Kedua model televisi ini sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android TV yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) Google TV.

Berikut harga TV XLED Sharp Aquos FVI di Indonesia:

  • TV XLED Sharp Aquos FV1 4T-C65FV1 (layar 65 inci) - Rp 39.9 juta
  • TV XLED Sharp Aquos FV1 4T-C75FV1 (layar 75 inci) - Rp 59.9 juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com