Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Download Threads Instagram di Android serta iPhone

Kompas.com - 06/07/2023, 08:19 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meta resmi merilis Threads, media sosial yang mirip dengan Twitter. Induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram ini memperkenalkan Threads pada Kamis (6/7/2023) pagi waktu Indonesia. Threads Instagram juga sudah bisa di-download pengguna di Tanah Air.

Tak seperti Instagram biasa yang bisa digunakan di peramban (browser) PC, Threads Instagram, baru bisa dinikmati di smartphone Android dan iOS (iPhone) saja.

Pengguna Android dan iPhone yang ingin menjajal Threads Instagram bisa mengunjungi dan mengunduh aplikasi tersebut melalui tautan berikut ini:

Di Android, Threads IG memiliki ukuran file sekitar 75 MB, sedangkan di iOS, aplikasi ini memiliki ukuran file yang lebih besar, yaitu sekitar 250 MB.

Baca juga: Threads, Aplikasi Mirip Twitter Buatan Pendiri Facebook Resmi, Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Sehingga, pengguna harus menyiapkan sisa ruang penyimpanan yang sesuai atau lebih dari besar aplikasi ini. 

Untuk menginstal Threads Instagram, pengguna iPhone juga diwajibkan memiliki perangkat dengan versi iOS 14 atau yang terbaru, sedangkan pengguna Android juga harus memiliki perangkat minimal dengan OS Android versi 5.0 ke atas.

Setelah berhasil memasang Threads IG, pengguna lantas akan bisa menghubungkan akun dan username Instagram mereka, lalu menggunakannya sebagai informasi akun dan username Threads. 

Apa saja yang bisa dilakukan di Threads Instagram?

Ilustrasi aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.

Di dalam Threads Instagram, pengguna akan bisa melihat tampilan yang sangat mirip Twitter. Secara tampilan antarmuka (UI), Threads memiliki desain yang sederhana yang didominasi warna hitam, dengan teks dan deretan ikon dan menu berwarna putih. 

Tampilan menu "Home" atau linimasa (Timeline) Threads juga serupa Twitter, di mana tampilan utama ini akan dipenuhi dengan berbagai konten dan postingan yang mayoritas berbasis teks.

Meski demikian untuk tahap awal ini, pengguna sepertinya akan melihat "twit" atau Threads dari seluruh pengguna yang ada di platform tersebut, baik yang diikuti maupun tidak.

Menyoal postingan, pengguna bisa mengunggah postingan teks hingga 500 karakter (lebih banyak dari Twitter dengan 280 karakter), serta membagikan foto dan video hingga maksimal 5 menit per unggahan.

Aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.

Dalam tiap postingan, pengguna juga bisa memberikan Like, mengunggah kembali postingan orang lain (Repost), membalas sebuah postingan dengan unggahan baru (Reply), hingga membagikan postingan tersebut (Share).

Baca juga: Ramai Aplikasi Media Sosial Threads Digadang Jadi Pengganti Twitter, Apa Itu?

Selain tampilan dan fitur mirip Twitter, pengguna juga bisa mengikuti (follow) akun Threads lainnya, dan mereka yang diikuti juga bisa mengikuti balik (follow back) akun kita, sama seperti di Twitter. 

Karena terhubung dengan Instagram, pengguna juga otomatis bisa mengikuti semua akun yang mereka ikuti di Instagram, selain mengikuti akun-akun Threads lainnya yang tidak di-follow di Instagram.

Terkait pembuatan akun, pengguna untuk saat ini tampaknya tak bisa membuat akun Threads baru yang terpisah dengan Instagram. Artinya, jika ingin membuat akun Threads, maka mereka harus membuat akun Instagram terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com