Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Selundupkan 68 iPhone, Ketahuan dari Cara Jalan

Kompas.com - 12/08/2023, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Otoritas bea cukai wilayah Gongbei, China memergoki seorang pria yang mencoba menyelundupkan sekitar 68 iPhone melalui Pelabuhan Qingmao pada Senin (31/7/2023) malam lalu.

Awalnya, pria ini mencoba mengelabui otoritas bea cukai dengan cara memilih opsi "No Need to Declare". Dengan ini, ia tak perlu melewati jalur pemeriksaan barang oleh otoritas bea cukai.

Namun sial, meski ia memilih untuk melewati jalur "aman", tetap tak serta merta lepas dari pengawasan. Sebab, pihak bea cukai mencurigai pergerakan pria tersebut, lantaran gaya berjalannya dianggap aneh seperti membawa beban yang sangat berat.

Baca juga: Pria Ketahuan Selundupkan 300 CPU gara-gara Jalannya Aneh

Pihak bea cukai lantas memanggil pria ini, lalu membawanya untuk diperiksa. Ketika diperiksa, mereka menemukan puluhan iPhone yang diikat dengan lakban di berbagai bagian tubuh sang pria, mulai dari badan, pinggang, hingga kaki.

Tidak disebutkan model iPhone apa yang dicoba untuk diselundupkan oleh sang pria. Namun yang jelas, puluhan iPhone tersebut merupakan barang bekas yang sudah dipakai oleh orang, dan tidak disertai dengan kotak penjualannya alias "batangan". 

Belum jelas pula apakah ada hukuman atau berapa denda yang harus dibayarkan oleh pria yang mencoba menyelundupkan iPhone dengan cara diikat lakban di beberapa bagian tubuhnya itu. 

Pasalnya, hukuman dan denda yang harus dibayarkan pria tersebut saat ini sedang diteliti dan diproses oleh otoritas setempat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Sabtu (12/8/2023).

Baca juga: Ratusan GPU Nvidia Selundupan Diamankan dari Kapal Nelayan

Namun yang jelas, pria ini tentunya akan mendapatkan hukuman sesuai dengan peraturan bea cukai yang berlaku di China. 

Terkait percobaan penyelundupan barang dengan cara mengikatnya di beberapa bagian tubuh, hal ini tampaknya lumrah terjadi di China, terutama di wilayah perbatasan seperti pelabuhan. 

Beberapa waktu lalu, ada seorang pria di China yang mencoba menyelundupkan sekitar 48 unit prosesor (CPU) di dalam sepatunya. 

Lalu pada awal Juli, ada seorang pria di China pula yang mencoba menyelundupkan sekitar 450 unit komponen solid state drive (SSD) dengan cara mengikat SSD tersebut di perut dengan lakban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com