Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Tak Bikin iPhone 15 Pro Max, Inikah Gantinya?

Kompas.com - 23/08/2023, 12:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Apple diprediksi bakal merilis iPhone 15 series pada September ini. Kabarnya akan ada empat model yang diperkenalkan. Merujuk pendahulunya, keempat model adalah iPhone 15 “reguler”, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Namun, menurut bocoran yang beredar di internet, nama model “Pro Max” tidak akan lagi digunakan Apple mulai lini iPhone 15. 

Sebagai gantinya, Apple disebut akan mengubah penamaan Pro Max menjadi Ultra. Artinya, varian teratas dari seri iPhone 15 bukan iPhone 15 Pro Max lagi, melainkan iPhone 15 Ultra.

Baca juga: Bukan iPhone 14 Pro Max, Ini iPhone Paling Kencang Versi AnTuTu

Informasi ini diungkap oleh salah seorang jurnalis teknologi di outlet media Apple Insider, Andrew O’Hara. Ia mengungkapkan bocoran tersebut melalui akun Twitter (X) pribadinya dengan handle @Andrew_OSU.

“Berbagai sumber memberi tahu saya Apple akan menggunakan nama model “iPhone 15 Ultra” untuk perangkat “pro” berbodi besarnya. Ini adalah rumor pertama yang bertolak belakang. Rumor sebelumnya menyebutnya sebagai iPhone 15 Pro Max."

Jika rumor ini akurat, Apple sepertinya akan memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dibereskan. Menurut BGR, seperti yang dikutip KompasTekno, Rabu (23/8/2023), keputusan mengubah nama “Pro Max” menjadi “Ultra” bakal butuh penyesuain yang lama.

Apple harus menyiapkan seluruh materi pemasaran menggunakan nama baru, dan mencetak kotak kemasan iPhone 15 Ultra. Vendor rekanan Apple yang membuat akesoris iPhone juga harus menyiapkan materi pemasaran baru.

Baca juga: Bocoran Harga iPhone 15 Series, Versi Pro Max Diprediksi Lebih Mahal Rp 3 Juta

Perubahan nama ini pun dinilai mendadak. Menurut sejumlah pihak, Apple seharusnya melakukan rebranding model dalam beberapa bulan jauh sebelum peluncurannya. iPhone 15 series sendiri diprediksi akan rilis pada 13 September 2023, atau kurang dari satu bulan lagi.

Di sisi lain, beberapa pihak mengaitkan perubahan nama dilakukan untuk bersaing dengan Galaxy S24 Ultra, smartphone flagship garapan Samsung yang kabarnya meluncur pada Februari 2024.

Terlepas dari hal itu, Apple sebenarnya sudah mulai mengadopsi nama “Ultra” di sejumlah produknya. Misalnya, Apple Watch Ultra yang meluncur tahun lalu dan chipset M2 Ultra yang meluncur pada Juni lalu.

Bocoran spesiifkasi iPhone 15 Ultra

Melanjutkan bocoran dari Andrew, ia mengatakan bahwa iPhone 15 Ultra bakal dibekali layar yang lebih lebar serta lensa periskop dengan lensa zoom 10x.

Lensa periskop di atas digadang-gadang akan menjadi fitur andalan dari iPhone 15 Ultra. Sebab, hanya model “Ultra” yang akan dilengkapi lensa periskop.

Lensa periskop di smartphone adalah lensa yang mengandalkan prisma untuk memantulkan cahaya ke berbagai lensa internal dengan sudut 90 derajat ke sensor kamera. Hal tersebut membuat ukuran lensa lebih panjang ketimbang telefoto sehingga hasil zoom optik lebih baik.

Kemudian, untuk desainnya, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Ultra bakal dirancang dengan bodi berbahan titanium dan dilengkapi tombol baru bernama Action Button yang akan menggantikan tombol toggle untuk membisukan suara (mute) notifikasi.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 15, Bawa Kamera dengan Lensa Hybrid?

Konon, Action Button dapat mengakses sembilan fitur atu menu pengaturan dengan lebih cepat, tanpa harus membuka lock screen. Akses yang tersedia adalah membuka Camera, Flashlight, menu Accessbility, Voice Memos, Translate, Shortcuts, mengaktifkan mode Focus atau Silent, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com