Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi iPhone 15, Bawa Kamera dengan Lensa Hybrid?

Kompas.com - 27/07/2023, 17:40 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Bocoran iPhone 15 terus beredar di dunia maya. Salah satu yang paling baru adalah bocoran spesifikasi iPhone 15 untuk sektor kamera.

Kabarnya, lini iPhone 15 akan dibekali peningkatan pada sektor kamera dengan teknologihybrid lens (lensa hybrid). Kabar ini diumbar oleh tipster alias pembocor gadget dengan handle @RGcloudS di Twitter.

"iP15 (iPhone 15) series akan menjadi ponsel global pertama yang dibekali hybrid lens, selain ponsel merek China," twit-nya.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 15, Baterainya Lebih Besar?

Teknologi ini sebelumnya sudah digunakan vendor smartphone lain, seperti Xiaomi, namun hanya dipasarkan di China. Apabila rumor ini benar, maka iPhone akan menjadi merek pertama yang menggunakan teknologi hybrid lens dan dipasarkan secara global.

Hybrid lens akan disematkan di kamera utama yang merupakan sensor wide. Kabarnya, sensor ini terbuat dari tujuh elemen, yang terdiri dari satu elemen kaca dan enam elemen berbahan plastik.

Sebagai perbandingan, kamera wide di iPhone 14 saat ini menggunakan tujuh elemen plastik saja.

Baca juga: Harga iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max Diprediksi Lebih Mahal Rp 3 Jutaan

RGcloudS juga menyebut bahwa iPhone 15 nantinya akan memiliki aperture (bukaan diafragma) f/1.7. Aperture tersebut sedikit meningkat dibanding model iPhone 14 Pro (f/1.79), namun sedikit menurun dari iPhone 14 dan iPhone 14 Plus (f/1.5).

Secara teori, semakin kecil angka bukaan diafragma, maka makin banyak cahaya yang masuk, sehingga hasil foto bisa lebih baik.

RGcloudS mengatakan bahwa dengan bukaan yang lebih lebar, sensor wide di iPhone terbaru akan mampu menangkap cahaya lebih banyak, sekitar 15-20 persen. Hasilnya, kamera bisa memproduksi gambar dengan warna yang lebih baik.

Menurut rumor, keempat model iPhone 15 akan dibekali sensor gambar Sony IMX803 beresolusi 48 MP. Sensor itu sama dengan yang disematkan di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Kabarnya, fitur hybrid lens juga akan disematkan di iPhone tahun depan, kemungkinan iPhone 16 Pro Max. Ponsel tersebut konon akan dibekali kamera wide dengan delapan elemen, yang terdiri dari dua elemen kaca dan enam elemen plastik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (27/7/2023).

Bocoran spesifikasi iPhone 15 ini masih bersifat spekulatif. Peluncuran iPhone 15 juga masih belum diketahui, kapan akan digelar. Sebab, hingga saat ini Apple belum memberikan informasi kapan iPhone 15 dirilis.

Menilik pendahulunya, iPhone generasi terbaru biasanya dirilis jelang akhir tahun, sekitar bulan September atau Oktober.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com