Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Rilis Komputer Mini NUC Pertama Setelah Dilepas Intel

Kompas.com - 05/09/2023, 16:00 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kurang dari dua bulan semenjak Intel mengumumkan berhenti mengembangkan Next Unit of Compute (NUC), vendor Asus mengumumkan bahwa jajaran komputer mini tersebut telah resmi menjadi salah satu lineup produknya.

Sama seperti ketika masih dikelola oleh Intel, lini NUC Asus menawarkan konfigurasi-konfigurasi sistem berbeda untuk mengakomodir berbagai kebutuhan pengguna, mulai dari small/ home office, profesional, hingga gaming ringan dan berat.

Baca juga: Intel Alihkah Produksi Komputer Mini NUC ke Vendor

"Mulai 1 September, NUC menjadi anggota lini produk Asus dan memulai perjalanan selanjutnya," tulis Asus dalam sebuah statement yang diunggah ke Twitter.

Sebelumnya, pada Juli lalu, Intel mengatakan bahwa pengembangan produk NUC bikinannya telah dihentikan, untuk kemudian dialihkan ke vendor.

Tak lama kemudian, di bulan yang sama, Asus mengumumkan telah mengambil lisensi untuk jajaran produk NUC Intel. Asus pun melakukan semua tahapan mulai dari pengembangan, manufaktur, hingga penjualan dan support untuk produk NUC.

Salah satu foto produk NUC di laman Asus terlihat masih menggunakan merek IntelAsus Salah satu foto produk NUC di laman Asus terlihat masih menggunakan merek Intel

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Selasa (5/9/2023), semua sistem NUC yang tercantum di situs Asus berbasis prosesor Core Generasi ke-13 dari Intel, atau "Raptor Lake".

Lucunya, salah satu gambar ilustrasi produk NUC untuk kalangan kantoran, nama mereknya masih tertulis sebagai "Intel". Produk-produk NUC lainnya pun tidak dipasangi brand "Asus".

Baca juga: HP Asus Zenfone Tetap Diproduksi

Lisensi NUC antara Intel dan Asus bersifat non-eksklusif. Artinya, terbuka peluang bagi vendor lain untuk ikut memproduksi produk komputer mini tersebut.

Asus sendiri merupakan salah satu perusahaan yang memiliki kapasitas untuk menangani produksi hingga after sales NUC. Perusahaan asal Taiwan itu mendirikan sebuah unit bisnis baru bernama Asus NUC BU untuk menangani segala hal terkait NUC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com