Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generative AI Jadi Peluang Bisnis Baru Intel

Kompas.com - 13/07/2023, 16:25 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sedang menjadi topik bahasan yang hangat bagi pelaku industri teknologi dunia, terutama teknologi AI yang dijuluki "Generative AI".

Sederhananya, Generative AI (AI Generatif) merupakan jenis teknologi kecerdasan buatan yang bisa menciptakan konten baru berdasarkan input atau perintah (prompt) yang dimasukkan pengguna. 

Pembuatan konten baru ini sendiri bakal melibatkan sejumlah data atau informasi yang telah "dipelajari" dan tersimpan dalam sebuah sistem yang dinamai model pembelajaran (language model) AI.

Pada prosesnya, data-data ini akan dirancang sedemikian rupa, kemudian disesuaikan dengan permintaan pengguna, sebelum nantinya akan menjadi sebuah konten baru.

Baca juga: Cara Intel Percepat Adopsi Teknologi AI di Pasar Global dan Indonesia

Salah satu contoh sistem atau penerapan model Generative AI adalah chatbot bikinan OpenAI, ChatGPT yang bisa membuat konten berupa teks berdasarkan input, permintaan, atau pertanyaan yang dimasukkan pengguna.

Kemudian ada Midjourney yang bisa membuat gambar/foto baru berdasarkan prompt berupa teks yang dimasukkan pengguna, hingga Jasper yang bisa dipakai untuk membantu pengguna membuat artikel, konten promosi, dan lain sebagainya.

Intel, sebagai salah satu produsen chip kenamaan di dunia, mengatakan bahwa mereka senang Generative AI kini ramai dibicarakan dan digunakan masyarakat saat ini.

Sebab, kehadiran berbagai aplikasi Generative AI, seperti ChatGPT, membuat konsep AI bisa diterima masyarakat awam, sekaligus menarik banyak perusahaan untuk mengadopsi teknologi AI.

Hal ini disampaikan Alexis Crowell, selaku General Manager Technology Solutions, Software & Services, dan Vice President Sales, Marketing & Communications Group untuk Intel Asia Pasifik dan Jepang. 

"ChatGPT sudah mempromosikan Generative AI dengan begitu cemerlang. Pasalnya, mereka menyediakan sebuah aplikasi yang bisa diakses konsumen dengan mudah," ungkap Crowell dalam wawancara tertulis eksklusif dengan KompasTekno, Rabu (12/7/2023).

"Di saat yang sama, aplikasi Generative AI ini juga bisa menumbuhkan keingintahuan, sekaligus menstimulasi berbagai perdebatan terkait bagaimana teknologi AI bisa digunakan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab," imbuh Crowell.

Mudah dipahami, sulit dieksekusi

General Manager Technology Solutions, Software & Services, dan Vice President Sales, Marketing & Communications Group untuk Intel Asia Pasifik dan Jepang, Alexis Crowell.Intel General Manager Technology Solutions, Software & Services, dan Vice President Sales, Marketing & Communications Group untuk Intel Asia Pasifik dan Jepang, Alexis Crowell.

Meski konsep Generative AI mudah dipahami dan kini digunakan orang banyak via aplikasi macam ChatGPT, Crowell mengatakan bahwa aplikasi Generative AI akan tetap sulit untuk dieksekusi oleh para pengembang atau pembuatnya.  

Baca juga: Generative AI bak Pisau Bermata Dua untuk Keamanan Siber

Sebab, para pengembang di bidang Generative AI harus mempertimbangkan banyak hal untuk menciptakan sebuah layanan atau platform Generative AI yang tidak memihak satu sisi atau bias. 

Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa layanan tersebut tak mengakses banyak data pengguna, tetap melindungi privasi pengguna, dan bisa digunakan secara bertanggung jawab. 

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com