Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Ungkap Spesifikasi Kunci Redmi Note 13 Pro/Pro Plus

Kompas.com - 16/09/2023, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi mengumumkan akan meluncurkan jajaran smartphone terbarunya, Redmi Note 13 series pada 21 September 2023. Jadwal peluncuran tersebut diungkap langsung oleh perusahaan melalui platform microblogging China, Weibo.

“Mari, bertemu dengan Note baru. Seri Redmi Note 13 akan dirilis pada 21 September pukul 19.00 (waktu China),” tulis Redmi di akun resmi Weibo, Kamis (14/9/2023).

Berdasarkan poster yang diunggah di Weibo, Xiaomi memastikan akan ada tiga model Redmi Note 13 series yang akan diluncurkan, yakni Redmi Note 13, Note 13 Pro 5G , dan Note 13 Pro Plus 5G.

Akan tetapi, hanya gambar Redmi Note 13 Pro (kanan) dan Redmi Note 13 Pro Plus 5G (kiri) saja yang dipajang dalam poster, seperti yang ada di gambar di bawah ini.

 

Poster peluncuran Redmi Note 13 series menampilkan smartphone Redmi Note 13 Pro Plus (kiri) dan Redmi Note 13 Pro (kanan) GSMArena Poster peluncuran Redmi Note 13 series menampilkan smartphone Redmi Note 13 Pro Plus (kiri) dan Redmi Note 13 Pro (kanan)

Bukan cuma memamerkan wujudnya, Xiaomi juga mengumbar spesifikasi kunci Redmi Note 13 Pro 5G dan Redmi Note 13 Pro Plus 5G.

Baca juga: Xiaomi Ungkap Hari Lahir Redmi Note 13, 200 MP Pro dan Pro Plus

Berdasarkan poster yang diunggah, Redmi Note 13 Pro Plus 5G mengadopsi model layar melengkung (curved screen) di sisi kanan dan kiri, sedangkan varian “Pro” mengusung layar datar (flat).

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gizmo China, Sabtu (16/9/2023), bagian belakang Redmi Note 13 Pro dan Pro Plus datang dengan tiga sensor kamera. Sensor kamera varian Pro Plus diposisikan secara zig-zag, sedangkan versi Pro diposisikan membentuk huruf “L” terbalik.

Redmi Note 13 Pro Plus tampak membenamkan kamera belakangnya langsung ke cangkang. Berbeda dengan "saudaranya", kamera belakang Redmi Note 13 Pro disematkan ke dalam modul berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat di keempat sisinya.

Dalam poster tersebut juga terdapat tulisan "200 MP" pada punggung Redmi Note 13 Pro dan Redmi Note 13 Pro Plus. Ada kemungkinan, kedua ponsel tersebut akan dibekali kamera utama beresolusi 200 MP.

Bedanya, varian Pro Plus dilengkapi pula oleh teks "OIS", sehingga ada kemungkinan varian ini saja yang menawarkan teknologi penstabil gambar untuk kamera (Optical Image Stabilization/OIS).

Poster tersebut juga mengonfirmasi jenis sensor kamera yang akan digunakan, yakni Isocell HP3 buatan Samsung. Isocell HP3 diklaim mampu meningkatkan pemrosesan gambar dan zoom digital.

Bocoran fitur dari Redmi Note 13 Pro Plus 5G yang disebut akan menggunakan sensor kamera bikinan Samsung, ISOCELL HP3 beresolusi 200 MPWeibo/Redmi Bocoran fitur dari Redmi Note 13 Pro Plus 5G yang disebut akan menggunakan sensor kamera bikinan Samsung, ISOCELL HP3 beresolusi 200 MP

Xiaomi juga sudah mengonfirmasi bahwa Redmi Note 13 Pro Plus akan dilengkapi kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus. Untuk bagian hardware, Xiaomi juga menyebut bahwa Redmi Note 13 Pro akan "diotaki" chip Mediatek Dimensity 7200 Ultra.

Baca juga: Chip Mediatek Dimensity 7200 Ultra Resmi, Ini Salah Satu HP Pertama yang Pakai

Chipset baru yang resmi diluncurkan pada Senin (11/9/2023), diklaim membawa peningkatan di aspek performa dan efisiensi daya dibanding Dimensity 7200. System-on-Chip (SoC) delapan inti (octa-core) ini memiliki kecepatan (clockspeed) maksimum 2,8 GHz.

Redmi Note 13 series kabarnya ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 7200 UltraWeibo/Redmi Redmi Note 13 series kabarnya ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 7200 Ultra

Sementara itu, Redmi Note 13 Pro disebut bakal menggunakan chipset yang berbeda. Rumor yang beredar mengeklaim ponsel tersebut bakal menggunakan chipset Snapdragon 7 Gen 1 dari Qualcomm.

Rumor lainnya menyebut bahwa Redmi Note 13 Pro Plus konon akan ditopang baterai 5.120 mAh dengan teknologi pengisian cepat berdaya 120 Watt.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com