Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Xiaomi Redmi Pad SE, Tablet dengan Layar 11 Inci

Kompas.com - 31/08/2023, 19:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi siap meluncurkan tablet terbarunya, Redmi Pad SE, di Indonesia. Tablet ini akan dirilis pada 5 September.

Meski belum dirilis resmi, KompasTekno berkesempatan untuk melakukan unboxing dan menggenggam Redmi Pad SE. Xiaomi Redmi Pad SE yang kami dapat berwarna abu-abu.

Kotak kemasan atau boks Xiaomi Redmi Pad SE didominasi warna putih. Pada bagian depan kotak, terdapat wujud tablet yang dihias dengan teks "Redmi Pad SE". Kemudian di bagian atas kanan layar tersebut, ada tulisan "Dolby Atmos".

Bagian kanan boks Xiaomi Redmi Pad SE tampak kosong, sedangkan di bagian kiri terdapat tulisan "Garansi resmi Xiaomi".

Isi kotak penjualan tablet Redmi Pad SE terbilang minimalis karena hanya memuat satu buah perangkat tablet, adaptor charger 10 Watt, kartu kebijakan garansi, lembar panduan pengguna, dan satu SIM card ejector tool.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Isi kotak penjualan tablet Redmi Pad SE terbilang minimalis karena hanya memuat satu buah perangkat tablet, adaptor charger 10 Watt, kartu kebijakan garansi, lembar panduan pengguna, dan satu SIM card ejector tool.
Kesan pertama kami, boks ini memiliki ukuran yang cukup ringkas, dengan ukuran yang tidak terlalu berat.

Ketika kotak dibuka, isinya terbilang minimalis. Di dalam kotak terdapat perangkat tablet Xiaomi Redmi Pad SE, adaptor charger beserta kabelnya, kartu garansi, lembar panduan pengguna, dan satu SIM card ejector tool.

Saat dibuka, Xiaomi Redmi Pad SE masih ditutupi sebuah lembaran yang berisi informasi spesifikasi singkat perangkat.

Di situ, tertulis bahwa Xiaomi Redmi Pad SE memiliki layar seluas 11 inci dengan resolusi Full HD Plus, baterai berkapasitas 8.000 mAh, dan dibekali speaker Dolby Atmos.

Tak hanya itu, perangkat ini juga dibekali dengan System-on-Chip (SoC) Snapdragon berfabrikasi 6 nm.

Sejauh ini, chipset Snapdragon yang dibuat dengan fabrikasi 6 nm antara lain Snapdragon 680, Snapdragon 695 5G, Snapdragon 782G, Snapdragon 4 Gen 1, dan masih banyak lagi.

Pengalaman menggenggam Xiaomi Redmi Pad SE

Redmi Pad SE mengusung layar 11 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.920 x 1.200 piksel) dan dukungan 16,7 juta warna. Layar ini memiliki kerapatan piksel 270 PPI, tingkat kecerahan (brightness) 400 nits, refresh rate hingga 90 Hz, rasio layar ke bodi 84,4 persen, dan touch sampling rate 180 Hz. KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Redmi Pad SE mengusung layar 11 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.920 x 1.200 piksel) dan dukungan 16,7 juta warna. Layar ini memiliki kerapatan piksel 270 PPI, tingkat kecerahan (brightness) 400 nits, refresh rate hingga 90 Hz, rasio layar ke bodi 84,4 persen, dan touch sampling rate 180 Hz.
Impresi pertama kami, tablet terbaru Xiaomi ringan untuk dibawa, bahkan ketika menggunakan satu tangan.

Penggunaan satu tangan cocok saat mengoperasikan tablet dalam posisi vertikal atau portrait. Ketika digunakan dalam posisi horizontal atau landscape, akan lebih nyaman jika menggunakan dua tangan.

Xiaomi Redmi Pad SE tampaknya didesain untuk digunakan dalam posisi horizontal atau landscape. Hal ini terlihat dari posisi kamera depan yang berada di tengah jika tablet digunakan dalam posisi landscape. Jadi, posisinya mirip sebuah webcam di laptop.

Baca juga: Adu Spek Galaxy Tab S9 Ultra Vs iPad Pro M2, Tablet Termahal Samsung dan Apple

Melihat desainnya, Redmi Pad SE dirancang dengan bahan metal, sehingga tampak kuat. Tablet tidak terasa licin ketika dipegang, tetapi pengguna sebaiknya tetap berhati-hati untuk tidak menjatuhkan tablet.

Xiaomi Redmi Pad SE mengusung layar 11 inci dengan resolusi Full HD Plus, sehingga pengguna bisa menikmati layar kualitas visual yang tajam.

Layar ini didukung refresh rate 90 Hz. Dengan demikian, pengalaman menggeser layar atau perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya menjadi lebih mulus.

Ketika dipegang, layar Redmi Pad SE tidak mudah ternoda cetakan sidik jari, kecuali jika pengguna menekan layar tersebut dalam waktu yang lama.

Tablet terbaru Xiaomi memiliki dimensi 255,53 x 167,08 mm x 7,36 mm. Redmi Pad SE memiliki bobot 478 gram sehingga ringan untuk dibawa, bahkan ketika menggunakan satu tangan.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tablet terbaru Xiaomi memiliki dimensi 255,53 x 167,08 mm x 7,36 mm. Redmi Pad SE memiliki bobot 478 gram sehingga ringan untuk dibawa, bahkan ketika menggunakan satu tangan.

 Berpindah ke bagian punggung (orientasi horizontal), ada modul persegi panjang bertuliskan "Super Camera", yang memuat kamera belakang 8 MP. Tidak ada kamera sekunder maupun lampu flash di bagian belakang ini.

Selain kamera, bagian belakang Redmi Pad SE memuat tulisan "Redmi" di sebelah kiri atas, dan label model tablet tersebut di bagian tengah.

Punya empat speaker Dolby Atmos

Dalam orientasi horizontal, pengguna bisa melihat dua speaker  pada sisi kiri tablet, dan dua speaker pada sisi kanan. Keempat speaker ini mendukung teknologi Dolby Atmos dan Hi-Res Audio untuk menghasilkan audio yang imersif,KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Dalam orientasi horizontal, pengguna bisa melihat dua speaker pada sisi kiri tablet, dan dua speaker pada sisi kanan. Keempat speaker ini mendukung teknologi Dolby Atmos dan Hi-Res Audio untuk menghasilkan audio yang imersif,
Xiaomi Redmi Pad SE dibekali dengan empat speaker Dolby Atmos. Keempat speaker itu terbagi menjadi dua, yaitu dua di atas dan dua di bagian bawah (tablet dalam posisi vertikal atau portrait).

Speaker ini akan bekerja maksimal saat Xiaomi Redmi Pad SE digunakan untuk hiburan, seperti nonton video. Sebab, ketika digunakan untuk menonton video dengan poisisi tablet horizontal (landscape), keempat speaker ini akan berada di sebelah kiri dan kanan layar.

Selain speaker, tablet ini juga dilengkapi dengan port USB-C dan jack audio3,5 mm di bagian bawah. Kemudian pada bagian kiri, terdapat tombol power. Sementara bagian kanan terdapat tombol volume dan laci untuk microSD.

Soal hardware, seperti disebutkan dalam lembar spesifikasi, Xiaomi Redmi Pad SE ditenagai chipset Snapdragon berfabrikasi 6 nm.

Baca juga: Xiaomi Siapkan MiOS, Pengganti MiUI?

Chipset Snapdragon yang dibuat dengan fabrikasi 6 nm antara lain Snapdragon 680, Snapdragon 695 5G, Snapdragon 782G, Snapdragon 4 Gen 1, dan masih banyak lagi.

Jika mengacu pada halaman spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE global, kapasitas RAM-nya adalah 4 GB dengan penyimpanan 128 GB.

Untuk daya, Redmi Pad SE ditopang baterai berkapasitas 8.000 mAh. Sejauh ini belum ada informasi soal harga dari Xiaomi Redmi Pad SE ini.

Sebagai rangkuman, pengguna bisa menyimak spesifikasi Redmi Pad SE yang diketahui dalam tabel di bawah ini:

Spesifikasi Redmi Pad SE
Layar Layar 11 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 90 Hz, teknologi eye-care display
Kamera Kamera belakang 8 MP
Chipset Chipset Snapdragon berfabrikasi 6 nm
Baterai 8.000 mAh
Fitur pendukung Quad speaker Dolby Atmos
Warna Abu-abu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com