Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hands-on Samsung Galaxy S23 FE, HP Flagship Murah Terbaru Samsung

Kompas.com - 12/10/2023, 09:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23 FE 5G dipasarkan di Indonesia mulai Jumat (13/10/2023). Adapun harga Samsung S23 FE adalah mulai Rp 9 juta untuk varian RAM 8 dengan penyimpanan media 128 GB.

Tim KompasTekno berkesempatan menggenggam Samsung S23 FE duluan dalam acara "First Preview Samsung Galaxy S23 FE" yang diselenggarakan Samsung Indonesia, Selasa (10/10/2023).

Kami pun sempat membuka kotak kemasan, menggenggam, serta mencicipi kamera Samsung Galaxy S23 FE sebelum sampai ke tangan konsumen Indonesia.

Samsung Galaxy S23 FE datang dengan boks hitam, serupa dengan lini flagship Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 FE Dijual Perdana 13 Oktober di Indonesia, Ada Bundling Controller Game

Kelengkapan isi paket pembelian Samsung S23 FE ini juga serupa, yakni satu unit ponsel Samsung S23 FE, kabel USB-C to USB-C, SIM ejector tool, panduan penggunaan singkat, serta kartu garansi.

Video unboxing Samsung S23 FE bisa dilihat lewat video TikTok berikut

@kompastekno hands-on the newest Samsung S23 FE???????? #samsung #samsungs23 #samsungs23fe #s23 #exynos2200 #5G ? Pretty (Sped Up) - MEYY

Bodi belakang Galaxy S23 FE mengusung material kaca serta dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Dengan begitu, punggung ponsel ini memiliki efek cermin. Punggung ponsel ini terasa kesat ketika diusap. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Bodi belakang Galaxy S23 FE mengusung material kaca serta dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Dengan begitu, punggung ponsel ini memiliki efek cermin. Punggung ponsel ini terasa kesat ketika diusap.
Dari segi desain, Galaxy S23 FE masih masih mengadopsi "DNA" Galaxy S23 series, yakni memiliki tiga kamera "boba" alias tanpa penampang, yang disusun vertikal dan dibenamkan langsung di bodi belakang.

Ketika menggenggam Samsung Galaxy S23 FE, kami merasa familiar, seperti menggenggam Galaxy S23 Plus atau Galaxy A54. Hal ini dikarenakan ketiganya memiliki ukuran layar (6,4 inci) dan desain bodi yang sama.

Perbedaannya, kami merasa Samsung S23 FE sedikit lebih berat dibandingkan Galaxy S23 Plus dan Galaxy A54.

Baca juga: Daftar HP Baru yang Rilis Oktober Ini, Ada Galaxy S23 FE dan Oppo Find N3

Di atas kertas, Samsung Galaxy S23 FE memiliki dimensi panjang 158 mm, lebar 76,5 mm, ketebalan 8,2 mm, dengan bobot 209 gram. Bobot itu sedikit lebih besar dibandingkan Galaxy S23 Plus (196 gram) dan Galaxy A54 (202 gram).

Kali ini, bodi belakang Galaxy S23 FE mengusung material kaca serta dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Dengan begitu, punggung ponsel ini memiliki efek cermin. Punggung ponsel ini terasa kesat ketika diusap.

Galaxy S23 FE mengusung layar Dynamic AMOLED 2X 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus, adaptif refresh rate 60-120 Hz, serta tingkat kecerahan puncak (peak brightness) 1.450 nits. Saat digunakan di luar ruangan saat siang hari (bukan di bawah sinar matahari langsung), layar Galaxy S23 FE masih aman dan nyaman dilihat oleh mata, seperti gambar ini. Ketiga foto ini menunjukkan layar Galaxy S23 FE dengan tingkat kecerahan yang sama. Foto paling kiri diambil di dalam ruangan dengan paparan sinar ring light. Sementara dua foto lainnya diambil di luar ruangan. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Galaxy S23 FE mengusung layar Dynamic AMOLED 2X 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus, adaptif refresh rate 60-120 Hz, serta tingkat kecerahan puncak (peak brightness) 1.450 nits. Saat digunakan di luar ruangan saat siang hari (bukan di bawah sinar matahari langsung), layar Galaxy S23 FE masih aman dan nyaman dilihat oleh mata, seperti gambar ini. Ketiga foto ini menunjukkan layar Galaxy S23 FE dengan tingkat kecerahan yang sama. Foto paling kiri diambil di dalam ruangan dengan paparan sinar ring light. Sementara dua foto lainnya diambil di luar ruangan.
Untuk layar, Galaxy S23 FE mengusung layar Dynamic AMOLED 2X 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus, adaptif refresh rate 60-120 Hz, serta tingkat kecerahan puncak (peak brightness) 1.450 nits. Ini membuat layar ponsel ini lebih terang dari layar pendahulunya, Galaxy S21 FE dengan peak brightness 1.200 nits.

Saat digunakan di luar ruangan saat siang hari (bukan di bawah sinar matahari langsung), layar Galaxy S23 FE masih aman dan nyaman dilihat oleh mata.

Layar itu dihiasi sebuah punch hole yang menampung kamera depan 10 MP. Resolusi ini turun dari kamera selfie 32 MP Galaxy S21 FE.

Meski begitu, pihak Samsung mengatakan bahwa kamera depan ponsel ini tetap "naik kelas" dari segi sensor kamera. Pasalnya, kamera depan 10 MP Galaxy S23 FE ini menggunakan sensor kamera yang sama dengan seri flagship Samsung lipat (foldable).

Baca juga: Beda Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 di Indonesia, Harga Beda Rp 4 Jutaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com