Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mengganti Tema WhatsApp, Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 08/11/2023, 18:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengganti tema WhatsApp kiranya menjadi hal yang perlu diketahui pengguna. Sebagai informasi, WhatsApp memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk mengganti tema pada tampilan aplikasi.

Saat tema diganti, tampilan dan warna pada aplikasi WhatsApp bakal berubah secara menyeluruh. Untuk mengganti tema WhatsApp, pengguna tak perlu repot-repot menggunakan aplikasi tambahan.

Baca juga: 2 Cara agar Foto WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri HP

Akan tetapi, tema WhatsApp yang tersedia itu cukup terbatas. Di aplikasi WhatsApp, tema hanya tersedia dalam dua macam, yakni tema terang dan gelap. Pengguna bisa menggonta-ganti tema WhatsApp itu dengan mudah saat bosan dengan satu tema.

Lantas, bagaimana cara mengganti tema WhatsApp? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini soal cara mengganti tema WhatsApp dengan mudah tanpa aplikasi tambahan.

Cara mengganti tema WhatsApp

Cara mengganti tema WhatsApp itu cukup mudah. Pengguna sejatinya dapat mengganti tema WhatsApp hanya melalui menu pengaturan. Namun, cara mengganti tema WhatsApp sedikit berbeda antara di HP Android dan iPhone.

Jika di HP Android, pergantian tema WhatsApp bisa dilakukan secara langsung melalui menu “Settings” pada aplikasi. Sementara itu, jika di iPhone, tema WhatsApp bisa diganti melalui menu pengaturan perangkat.

Untuk lebih jelasnya, adapun penjelasan mengenai cara mengganti tema WhatsApp di HP Android dan iPhone adalah sebagai berikut.

1. Cara mengganti tema WhatsApp di HP Android

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu klik ikon titik tiga dan pilih menu “Setelan” atau “Settings”.
  • Selanjutnya, pilih opsi pengaturan “Chat”.
  • Kemudian, klik opsi “Tema” dan pilih tema WhatsApp yang hendak digunakan, antara tema terang atau tema gelap.
  • Setelah dipilih, tampilan dan warna di aplikasi WhatsApp bakal berubah secara menyeluruh menyesuaikan tema.

Ilustrasi cara mengganti tema WhatsApp di HP Android.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti tema WhatsApp di HP Android.

Baca juga: 6 Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Kita Diblokir Seseorang dengan Mudah

2. Cara mengganti tema WhatsApp di iPhone

  • Buka menu pengaturan iPhone.
  • Kemudian, pilih menu “Display & Brightness”.
  • Setelah itu, pilih tema perangkat yang diterapkan, antara tema terang atau gelap.
  • Saat tema perangkat diterapkan, pengaturan itu bakal berpengaruh ke tema WhatsApp di iPhone.
  • Tema WhatsApp di iPhone akan mengikuti tema perangkat yang dipilih pengguna pada menu pengaturan tadi.

Ilustrasi cara mengganti tema WhatsApp di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti tema WhatsApp di iPhone.

Cukup mudah bukan cara mengganti tema WhatsApp? Dengan cara di atas, pengguna bisa mengganti tema WhatsApp sesuai keinginan dengan mudah tanpa aplikasi tambahan, meski pilihannya terbatas.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mengganti tema WhatsApp dengan mudah tanpa aplikasi tambahan, baik di HP Android maupun iPhone.

Sebagai informasi tambahan, selain cara di atas, sebetulnya terdapat pula cara lain yang memungkinkan pengguna mengganti tema WhatsApp dengan pilihan yang lebih banyak. Namun, penggantian tema WhatsApp itu perlu memakai aplikasi WhatsApp modifikasi.

Untuk diketahui, aplikasi WhatsApp modifikasi atau WhatsApp Mod seperti WhatsApp GB adalah aplikasi WhatsApp yang tidak resmi. Aplikasi semacam itu menawarkan berbagai fitur yang tak terdapat di WhatsApp resmi, misalnya tema dengan banyak pilihan.

Meski sekilas menarik, aplikasi WhatsApp Mod tidak aman untuk dipakai. Aplikasi WhatsApp Mod rentan terjadi pencurian data pribadi pengguna. Selain itu, WhatsApp juga bakal memblokir akun pengguna yang WhatsApp Mod.

Dengan adanya risiko seperti itu, supaya aman, pengguna untuk sekarang ini bisa mengganti tema WhatsApp dengan cara yang disebutkan di atas saja. Jika tampilan kurang menarik, solusinya pengguna bisa mengganti wallpaper bawaan di WhatsApp dengan yang lain.

Baca juga: Cara Melihat Status WhatsApp yang Dibisukan Setelah Ada Saluran, Mudah

Untuk mengganti wallpaper WhatsApp, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal membuka menu “Settings” di aplikasi WhatsApp. Lalu, pilih opsi “Chat” dan klik “Wallpaper”. Kemudian, pilih wallpaper yang menarik untuk dijadikan background ruang obrolan WhatsApp.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com