Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Blokir Kontak WhatsApp Tanpa Ketahuan Pemiliknya dengan Mudah

Kompas.com - 03/10/2023, 11:22 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Blokir kontak atau nomor pada aplikasi WhatsApp (WA) bisa dibilang merupakan fitur yang cukup berguna, terutama ketika pengguna tidak ingin menerima pesan dari pengguna lain karena dirasa mengganggu atau alasan lainnya.

Baca juga: Trik agar Chat WhatsApp Web Tak Diintip Teman Saat Kerja Bersebelahan

Meski cukup berguna, blokir WA dalam kondisi tertentu bisa menjadi persoalan tersendiri. Pasalnya, pemilik nomor WA yang diblokir bisa mengetahui bahwa dirinya diblokir. Adapun ciri-ciri kita diblokir di WA adalah sebagai berikut:

  • Pesan tidak terkirim atau cuma centang satu.
  • Tidak bisa melihat foto profil pemblokir.
  • Panggilan tidak masuk.
  • Tidak bisa melihat status “online” dan “last seen” pemblokir.

Semua orang bisa mengetahui bahwa dirinya diblokir di WA dengan melihat ciri-ciri itu. Dengan adanya ciri-ciri itu, blokir WA bisa jadi persoalan. Jika nomor WA yang diblokir statusnya adalah orang asing, mungkin tidak jadi masalah.

Namun, bila kontak yang hendak diblokir adalah orang dekat atau teman, pengguna mungkin bakal bimbang untuk memblokirnya karena mereka dapat mengetahui dan bisa jadi tersinggung perasaannya.

Seandainya bimbang untuk blokir WA karena takut ketahuan, terdapat satu trik atau cara yang bisa dilakukan. Pengguna sejatinya dapat blokir nomor WA tanpa diketahui. Lantas, bagaimana cara blokir orang di WA tanpa ketahuan?

Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara blokir WA tanpa ketahuan pemiliknya.

Cara blokir WA tanpa ketahuan

Trik atau cara blokir WA tanpa ketahuan pada dasarnya tidak dilakukan dengan mengakses fitur blokir kontak. Sebagai informasi, untuk memblokir kontak di WA, cara normalnya adalah dengan mengetuk opsi “Blokir” yang tertera di halaman informasi kontak WA.

Baca juga: Trik Membersihkan WhatsApp Tanpa Hapus Chat biar Memori HP Tak Penuh

Sementara itu, untuk blokir nomor WA tanpa diketahui, caranya tidak seperti itu. Trik atau cara blokir WA tanpa ketahuan bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Arsip atau Archive. Adapun penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih kontak di daftar obrolan yang hendak diblokir.
  • Setelah itu, ketuk lama chat dari kontak tersebut dan pilih opsi “Arsip” atau “Archive”.
  • Terakhir, kontak tersebut bakal berpindah ke folder khusus “Arsip”, tidak lagi berada di daftar obrolan biasa.

Ilustrasi cara blokir WA tanpa ketahuan pemiliknya dengan memanfaatkan fitur Arsip.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara blokir WA tanpa ketahuan pemiliknya dengan memanfaatkan fitur Arsip.

Perlu diketahui, fitur Archive ini memiliki efek yang hampir mirip dengan blokir kontak. Ketika kontak diarsipkan, notifikasi pesan masuk dari mereka tidak akan ditampilkan ke pengguna.
Pesan juga tidak akan muncul di daftar obrolan biasa karena berada di folder khusus “Arsip”.

Alhasil, pengguna tak akan terganggu dengan pesan dari kontak. Jadi, pengguna tak harus memblokir kontak dengan cara yang biasa untuk tidak terganggu dengan pesannya. Dengan fitur Arsip, pengguna tak akan memiliki ciri-ciri seperti sedang memblokir.

Kontak yang diarsipkan tetap dapat melihat foto profil pengguna. Kemudian, kontak juga tetap bisa telepon dan mengirim pesan ke pengguna. Pesannya pun tertandai dengan centang dua, yang berarti pesan tersebut masuk ke pengguna.

Meski tak terdapat perubahan pada interaksi antar kontak di WhatsApp, fitur Arsip memiliki efek yang mirip dengan fitur blokir, yaitu pesan dari kontak tak akan ditampilkan ke pengguna, sehingga pengguna tidak terganggu.

Baca juga: Trik Melihat Status WA agar Tidak Ketahuan Pembuatnya, Tanpa Aplikasi Tambahan

Kontak yang diarsipkan atau seolah diblokir tak akan mengetahui bawah dirinya diarsipkan oleh pengguna. Demikianlah penjelasan mengenai cara blokir WA tanpa ketahuan pemiliknya dengan memanfaatkan fitur Arsip, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com