Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chatbot AI Microsoft Copilot Bisa Bikin Lagu Beserta Liriknya

Kompas.com - 21/12/2023, 11:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Microsoft Copilot, kini bisa digunakan untuk membuat lagu atau musik dengan berbagai tema lengkap dengan vokal dan lirik lagu.

Pengguna tinggal memasukkan perintah teks yang berisi detail lagu yang ingin dibuat, misalnya tema lagu seperti cinta, persahabatan, liburan dan lainnya. Pengguna juga bisa menambahkan detail irama bahkan genre musik.

Kemampuan membuat musik ini hadir berkat kerja sama Microsoft Copilot dengan Suno, platform kreasi musik berbasis AI di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Pantauan KompasTekno, Kamis (21/12/2023), fitur membuat lagu ini sudah tersedia dan bisa dijajal oleh pengguna di Indonesia secara gratis lewat URL copilot.microsoft.com.

Pengguna kini perlu masuk atau sign-in ke akun Microsoft untuk menjajal chatbot AI Microsoft Copilot. Setelah masuk, pengguna akan melihat daftar plugin di sebelah kanan. Di sana, plugin Suno secara default sudah aktif.

Jadi pengguna tinggal memasukkan perintah ke kolom "Ask me anything...". Perintah yang dimasukkan bisa sesederhana seperti buat musik sedih, buat musik bahagia, buat musik untuk olahraga, buat musik untuk teman, dan lainnya.

Baca juga: AI Microsoft Copilot Kini Pakai GPT-4 Turbo, Jadi Makin Pintar dan Kaya Fitur

Pengguna bisa memberikan perintah lebih rinci agar lagu yang dihasilkan bisa lebih spesifik dengan keinginan pengguna.

Misalnya, “buat lagu pop tentang liburan bersama keluarga” dan “buat lagu yang menggambarkan semangat tumbuh besar”, "buat lagu yang cocok untuk video recap 2023", "buat lagu selamat ulang tahun untuk bestie", dan lainnya.

Ilustrasi membuat lagu ulang tahun untuk bestie menggunakan chatbot AI Microsoft Copilot.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi membuat lagu ulang tahun untuk bestie menggunakan chatbot AI Microsoft Copilot.
Setelah itu, Microsoft Copilot akan meneruskan perintah tersebut ke Suno AI. Tunggu beberapa saat sekitar dua menit atau lebih cepat. Kemudian, pengguna akan bisa melihat judul lagu, sampul musik, dan lirik lagu.

Untuk mendengarkan musik, klik ikon putar di sampul musik. Sepengalaman KompasTekno, durasi musik yang dihasilkan terbilang pendek yakni mulai 20 detik hingga 1 menit.

Pengguna bisa membagikan musik dari Microsoft Copilot X Suno AI ini dengan menyalin link. Selain musik dengan vokal, pengguna juga bisa membuat musik instrumental.

Berikut dua contoh lagu yang dihasilkan oleh Suno AI di chatbot AI Microsoft Copilot:

ilustrasi artificial intelligenceda-kuk ilustrasi artificial intelligence
Dilematis AI dan musik 

Penggunaan teknologi AI di industri musik masih diliputi dengan polemik. Sebab, biasanya AI dilatih dengan suara dan lagu dari musisi.

Dalam beberapa kasus, musisi sebenarnya tidak setuju dirinya dan lagu miliknya digunakan untuk melatih AI, bahkan hingga berujung pada kasus plagiarisme.

Misalnya, seperti kasus lagu viral berjudul Heart on My Sleeve. Lagu itu viral karena menggunakan suara dua penyanyi populer dengan nama panggung Drake dan The Weeknd.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com