Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengubah Sound TikTok Menjadi Nada Dering dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 19/02/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering di HP (handphone). Sebagaimana cukup umum diketahui, terdapat banyak sekali potongan lagu atau sound yang menarik di TikTok.

Tak jarang pengguna ingin menyimpan sound TikTok tersebut untuk dijadikan nada dering. Sound TikTok bisa dijadikan nada dering di HP untuk notifikasi pesan masuk, panggilan telepon, atau aktivitas aplikasi.

Baca juga: Apa Itu Orange Peel Theory yang Lagi Ramai di TikTok? Begini Penjelasannya

Dengan menggunakan sound TikTok, nada dering di HP menjadi tak monoton dan lebih menarik. Lantas, bagaimana cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering?

Jika tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering dengan mudah dan praktis.

Cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering

Cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering itu sejatinya cukup mudah. Untuk mengubahnya, ada dua langkah yang perlu dilakukan, yakni download sound TikTok dan mengganti nada dering di HP dengan sound TikTok itu.

Download sound TikTok diperlukan agar sound TikTok itu memiliki format audio MP3 yang dapat dijadikan nada dering di HP. Untuk download sound TikTok, pengguna bisa memanfaatkan beberapa website dengan layanan pengunduhan audio TikTok.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering adalah sebagai berikut.

Download sound TikTok

  • Buka aplikasi TikTok dan pilih video berisi sound yang hendak diunduh.
  • Pada video itu, pilih opsi “Bagikan” dengan klik ikon panah ke bawah. Kemudian, pilih opsi “Salin tautan”.
  • Berikutnya, buka website untuk mengunduh sound yang terdapat di video TikTok itu. Salah satu website itu adalah https://musicaldown.com/id/tiktok-mp3.
  • Tempelkan tautan yang tadi telah disalin ke website tersebut.
  • Setelah itu, klik opsi “Unduh” dan tunggu beberapa saat hingga file sound TikTok berformat MP3 siap untuk diunduh.
  • Lakukan pengunduhan dan kini pengguna memiliki sound TikTok yang tersimpan di memori penyimpanan HP.

Setelah memiliki sound TikTok di HP, pengguna bisa mulai mengubahnya menjadi nada dering di HP. Adapun cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering di HP adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari TikTok Live dan Syaratnya

Mengubah sound TikTok menjadi nada dering

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan notifikasi.
  • Setelah itu, pilih pengaturan notifikasi.
  • Pilih notifikasi layanan yang hendak diganti nada deringnya, bisa untuk pesan, panggilan telepon, atau aktivitas aplikasi.
  • Kemudian, pilih opsi pengaturan nada dering atau suara.
  • Kemudian, pilih nada dering dari memori penyimpanan, biasanya tersimpan di File Manager.
  • Pada File Manager, pilih file sound TikTok untuk dijadikan nada dering.
  • Selesai memilih, silakan terapkan file sound TikTok tersebut menjadi nada dering.
  • Kini, pengguna berhasil mengubah sound TikTok menjadi nada dering.

Ilustrasi cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering.
Baca juga: Cara Ganti Nama Pengguna dan Bio TikTok di HP dan PC

Cukup mudah bukan cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering? Dengan cara ini, pengguna bisa mengganti nada dering dengan suara yang lebih menarik. Pengguna bisa menjadikan sound TikTok kesukaan sebagai nada dering di HP.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering. Sebagai informasi tambahan, cara mengubah sound TikTok menjadi nada dering di atas sayangnya tidak dapat diaplikasikan pada iPhone.

Sebagai informasi, cara seperti yang dijelaskan di atas hanya dapat dilakukan pada HP Android. Dalam tutorial kali ini, KompasTekno menggunakan HP berbasis Android 10 dengan antarmuka MIUI 12.5.

Berbeda platform Android yang digunakan bisa jadi berbeda pula langkah-langkahnya dalam membuat sound TikTok menjadi nada dering.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com