Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset: Pengguna Android Banyak yang Beralih ke iPhone Lawas

Kompas.com - 05/03/2024, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CIRP

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar dan perilaku konsumen asal Amerika Serikat (AS), Concumer Intelligence Research Partners (CIRP) merilis hasil riset yang meneliti tentang pengguna Android yang beralih ke iPhone sepanjang tahun 2023.

Dalam data itu, disebutkan bahwa mayoritas pengguna Android yang disurvei CIRP, memilih untuk membeli iPhone model lawas, atau lebih tepatnya model iPhone 13 ke bawah. Jumlah tersebut mewakili sebanyak sekitar 29 persen responden.

Angka ini lebih tinggi dari pengguna Android beralih dan membeli iPhone keluaran baru, seperti iPhone 14/14 Plus, iPhone 14 Pro/Pro Max, iPhone 15/15 Plus, atau iPhone 15 Pro/Pro Max.

Berdasarkan data CIRP, sebanyak 26 persen pengguna Android beralih dan membeli iPhone 14/14 Plus. Kemudian sebanyak 25 persen pindah ke iPhone 14 Pro/14 Pro Max, 9 persen menggunakan iPhone 15/15 Plus, dan 12 persen pindah ke iPhone 15 Pro/Pro Max.

Baca juga: Ini Alasan Pengguna Android Pindah ke iPhone, Menurut Riset

Ilustrasi grafik pembeli iPhone yang berasal dari ekosistem Android versi CIRP.CIRP Ilustrasi grafik pembeli iPhone yang berasal dari ekosistem Android versi CIRP.

Namun, iPhone model lawas ini tidak begitu menarik perhatian para pengguna smartphone yang sudah memiliki iPhone.

Jika pengguna Android yang memilih untuk membeli iPhone 13 ke bawah berjumlah sekitar 29 persen, pengguna iPhone yang memilih iPhone model lawas justru berjumlah sekitar 21 persen. 

Dengan kata lain, mayoritas pengguna iPhone lebih memilih untuk membeli iPhone model terbaru yang dirilis dua tahun belakangan, seperti iPhone 14 Series (sekitar 56 persen) atau iPhone 15 Series (sekitar 23 persen).

Alasan pengguna Android memilih model iPhone lawas

Dalam riset yang sama, CIRP mengungkap alasan pengguna Android lebih memilih model iPhone lawas sebagai ponsel terbarunya.

Menurut CIRP, salah satu alasan terkait hal ini adalah karena banyak pengguna Android yang sebelumnya memang memiliki ponsel Android "murah" yang biasanya menyasar pasar ponsel kelas menengah ke bawah.

Hal ini tentunya akan membuat pengguna Android yang beralih ke iPhone tersebut lebih nyaman dan aman dari segi finansial.

Selain aspek finansial, CIRP juga menyebut pengguna Android ini beralih ke iPhone karena beberapa fitur esensial yang memang hanya bisa dinikmati di perangkat iPhone melalui ekosistem Apple.

Baca juga: iOS 17.4 Bakal Bikin Siklus Baterai iPhone 15 Dua Kali Lebih Awet

Beberapa di antaranya seperti integrasi dengan AirPods, platform pesan singkat iMessage, FaceTime, dan masih banyak lagi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CIRP, Selasa (5/3/2024).

Seperti diketahui, fitur-fitur tersebut memang sudah ada di iPhone model lawas, sehingga pengguna Android, menurut CIRP, merasa tak perlu membeli iPhone model terbaru untuk sekadar menikmati beberapa fitur iPhone.

Laporan CIRP selengkapnya mengenai jumlah pengguna Android yang beralih ke iPhone berdasarkan modelnya di 2023 kemarin bisa dibaca di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CIRP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com