Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Android Makin Setia, Tidak Tergoda Ganti iPhone

Kompas.com - 21/02/2024, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna smartphone Android tercatat makin setia alias tidak hijrah ke iPhone. Hal ini terlihat dari laporan Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) baru-baru ini.

iPhone mendominasi pasar ponsel mainstream di Amerika Utara. Faktanya, pada kuartal kedua tahun lalu, iPhone mewakili 53 persen dari pengiriman ponsel pintar di AS, menurut Counterpoint Research.

Namun, laporan baru dari Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menyebutkan bahwa pada 2023, ada lebih sedikit pemilik ponsel Android di Amerika Serikat yang hijrah atau berpindah ke iPhone.

CIRP mencatat, 13 persen dari pembeli iPhone di tahun 2023 ternyata berasal dari pengguna Android yang hijrah. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2022, pengguna HP Android yang pindah ke iPhone tercatat di angka 15 persen.

Baca juga: Pengguna Android Ramai-ramai Hijrah ke iPhone, Ini Faktanya

Bila dilihat dalam periode lima tahun, pengguna HP Android yang hijrah ke iPhone persentase stabil di rentang 11-15 persen. Tahun 2020 dan 2021 menjadi tahun di mana pengguna HP Android paling sedikit berpindah ke iPhone dengan angka sebesar 11 persen.

Grafik  pengguna Android pindah ke iPhone di AS. Tahun 2020 dan 2021 menjadi tahun di mana pengguna HP Android paling sedikit berpindah ke iPhone dengan angka sebesar 11 persen.CIRP Grafik pengguna Android pindah ke iPhone di AS. Tahun 2020 dan 2021 menjadi tahun di mana pengguna HP Android paling sedikit berpindah ke iPhone dengan angka sebesar 11 persen.
Meski ada pengguna yang beralih ke iPhone, Android masih menjadi juara di pasar smartphone global. Pasalnya, Android saat ini terpasang di hampir 70 persen smartphone di seluruh dunia, menurut laporan dari Statcounter yang mencakup periode Januari 2023 hingga Januari 2024.

Baca juga: Pengguna Android Ogah Pindah ke iPhone 15 meski Pakai USB-C

Hal ini tak mengherankan karena banyak vendor ponsel yang menjalankan HP bikinanya dengan OS Android seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, Infinix, OnePlus, Realme, dan masih banyak lagi.

Sebagai perbandingan, sistem operasi iOS yang terpasang di iPhone dan iPad hanya menguasai hampir 30 persen atau kurang dari setengah pasar Android, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Central, Rabu (21/2/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com