Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fitur yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Habis

Kompas.com - 06/03/2024, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa baterai ponsel Anda cepat habis meskipun intensitas penggunaan termasuk tidak masif? Apabila Anda merasa seperti itu, maka bisa jadi baterai ponsel yang cepat boros tersebut diakibatkan karena fitur-fitur tertentu yang dibiarkan aktif. 

Namun umumnya beberapa pengguna tak sadar bahwa fitur tertentu yang diaktifkan menjadi penyebab baterai yang boros. Adapun fitur-fitur yang umumnya menjadi penyebab baterai smartphone cepat habis, seperti intensitas cahaya ponsel, latar belakang aplikasi, hotspot, dan beberapa lainnya.

Lantas mengapa fitur-fitur tersebut membuat baterai ponsel cepat habis? Selengkapnya berikut ini uraian penjelasannya.

Baca juga: Cara Cek Battery Health MacBook untuk Cek Sisa Baterai

Level kecerahan ponsel

Ketika Anda meningkatkan kecerahan layar, lebih banyak energi dibutuhkan untuk menerangi piksel-piksel pada layar yang pada gilirannya menyebabkan penggunaan daya baterai meningkat.

Oleh karena itu, mengurangi kecerahan layar ponsel dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat daya baterai. Pengguna dapat mengatur kecerahan ponsel di bagian menu bar atas.

Latar belakang aplikasi yang aktif

Aplikasi yang tetap aktif di latar belakang bisa membuat baterai ponsel cepat habis saat dalam keadaan diam. Pastikan selalu menutup sepenuhnya aplikasi setelah selesai menggunakannya. Anda dapat menonaktifkan latar belakang beberapa aplikasi yang kurang penting.

Bagi Anda pengguna HP Android Xiaomi, cara menonaktifkan latar belakang aplikasi dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

  • Buka “Pengaturan”
  • Cari di menu pengaturan “Mulai otomatis di latar belakang”
  • Selanjutnya pilih aplikasi dan geser toggle ke kiri untuk menonaktifkannya

Layanan lokasi

Layanan lokasi yang aktif di ponsel dapat menguras baterai karena mereka membutuhkan penggunaan berkelanjutan dari beberapa komponen perangkat keras, seperti GPS, sensor lokasi, dan pemindaian jaringan. Maka dari itu Anda dapat menonaktifkan fitur lokasi di menu bar atas ponsel apabila fitur sudah tidak dibutuhkan lagi. 

Hotspot

Hotspot berfungsi sebagai titik akses Wi-Fi untuk perangkat lain. Aktivitas transfer data yang terus-menerus melalui hotspot, terutama jika banyak perangkat terhubung, memerlukan daya baterai yang signifikan. Maka dari itu setelah menggunakannya, sebaiknya segera menonaktifkan layanan hotspot ponsel Anda.

Pembaruan otomatis

Saat ponsel melakukan pembaruan otomatis, proses ini melibatkan unduhan dan instalasi file pembaruan. Aktivitas ini memerlukan daya baterai yang signifikan, terutama jika pembaruan bersifat besar atau kompleks. Pembaruan aplikasi ini bisa Anda atur secara manual.

Cara menonaktifkan pembaruan otomatis di HP Android

  • Buka Google Play Store
  • Klik profil di pojok kanan atas
  • Pilih “Setelan”
  • Pilih “Preferensi jaringan” dan klik “Preferensi download aplikasi”
  • Pilih “Selalu tanyakan”

Mengaktifkan mode getar

Mode getar melibatkan penggunaan motor getar pada ponsel. Motor ini berputar dengan cepat untuk menghasilkan getaran. Proses ini memerlukan daya dari baterai, terutama jika getaran digunakan sering atau dalam periode lama.

Bluetooth yang aktif

Setelah menggunakan fitur Bluetooth untuk berbagai keperluan seperti menghubungkan ponsel dengan True Stereo Wireless (TWS), biasanya pengguna terlupa untuk menonaktifkannya.

Meskipun Anda tidak sedang menggunakan Bluetooth untuk mentransfer data, perangkat tetap menjaga koneksi atau ketersediaan untuk perangkat lain yang ingin terhubung. Ini memerlukan penggunaan daya yang konstan.

Maka dari itu usahakan untuk segera menonaktifkan Bluetooth apabila sudah tidak digunakan kembali. Anda juga bisa menghemat daya baterai, Anda dapat mematikan Bluetooth ketika tidak digunakan atau menggunakan fitur "Mode Hemat Daya" jika tersedia di perangkat Anda.

Baca juga: Baterai HP Cepat Habis? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com