Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 17.4 Bakal Bikin Siklus Baterai iPhone 15 Dua Kali Lebih Awet

Kompas.com - 22/02/2024, 19:08 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple akan merilis iOS 17.4 dalam waktu dekat. Sistem operasi ini akan membawa beragam fitur anyar yang berkaitan dengan komponen baterai.

Salah satu pembaruan yang dibawa di iOS 17.4 adalah peningkatan (update) yang dilakukan Apple terhadap siklus baterai iPhone 15 Series (iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max).

Melalui iOS 17.4, Apple meningkatkan siklus baterai iPhone 15 hingga 1.000 siklus pengisian, sebelum angka kesehatan baterai (Battery Health) iPhone tersebut turun (drop) ke angka di bawah 80 persen.

Sebelumnya, angka kesehatan baterai iPhone 15 akan drop menjadi sekitar 80 persen dari kondisi awal setelah melewati 500 kali siklus pengisian baterai.

Maksud baterai iPhone yang drop ini adalah pengguna hanya bisa mengisi daya ponsel Apple tersebut secara penuh tidak di angka 100 persen, bisa sekitar 90 persen, bahkan di bawah 80 persen tadi apabila ponsel sudah dicas sebanyak 1.000 kali.

Nah, dengan pembaruan ini, pengguna iPhone yang sudah memakai iOS 17.4 tentunya nanti akan bisa menikmati siklus pengisian baterai dua kali lebih lama dibanding sebelumnya.

Seperti diketahui, baterai merupakan suatu komponen hardware yang memang sudah tertanam di dalam ponsel, dan komponen ini tidak bisa diperbarui begitu saja seperti halnya suatu fitur atau software.

Lantas, bagaimana Apple meningkatkan siklus baterai melalui iOS 17.4?

Baca juga: Apakah Battery Health iPhone Bisa Naik? Begini Penjelasannya

Melakukan pengujian baterai secara internal

Apple resmi meluncurkan seri iPhone 15 di Amerika Serikat, pada Selasa (12/9/2023). dok. appleinsider.com Apple resmi meluncurkan seri iPhone 15 di Amerika Serikat, pada Selasa (12/9/2023).
Menurut Apple yang berbicara kepada media teknologi 9to5Mac, peningkatan siklus baterai ini terbukti dalam pengujian internal iPhone yang memakai iOS 17.4.

Pengujian ini melibatkan proses pengisian baterai berkali-kali hingga 1.000 siklus pengisian berdasarkan kebiasaan pengguna. Hasilnya, Battery Health perangkat yang diuji tersebut baru turun di bawah 80 persen setelah melewati 1.000 siklus pengisian.

Selain itu, Apple bisa meningkatkan siklus baterai juga karena melalui setiap pembaruan iOS, termasuk iOS 17.4, mereka menghadirkan beragam peningkatan, termasuk pada aspek efisiensi dan sistem manajemen daya di iPhone.

Meski peningkatan siklus baterai ini hadir di iOS 17.4, Apple menyebut bahwa saat ini hal tersebut hanya berlaku pada seluruh model iPhone 15 Series saja. Artinya, siklus pengisian baterai di iPhone 14 Series ke bawah tidak akan meningkat, meski mereka telah memperbarui iPhone ke iOS 17.4.

Baca juga: iPhone Tak Seaman Itu, Trojan Pertama di iOS Ditemukan, Bisa Bobol Rekening Bank

Kendati demikian, Apple mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pengujian terhadap model iPhone di bawah iPhone 15, sehingga ada kemungkinan model iPhone 14 ke bawah juga akan mendapatkan peningkatan siklus baterai.

Nah, untuk mengecek siklus baterai di iPhone 15, pengguna bisa pergi ke menu "Settings" > "General" > dan "About". Di laman ini, mereka bisa menggulirkan layar ke bawah untuk melihat menu "Cycle Count" beserta jumlah siklus pengisian baterai yang telah dilewati iPhone mereka.

Perlu dicatat, menu Cycle Count hanya bisa diakses dan dilihat di iPhone 15 Series saja, tidak bisa dilihat di iPhone 14 Series ke bawah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (22/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com