Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Setting Alarm HP biar Tak Ketinggalan Sahur Selama Puasa Ramadhan 2024

Kompas.com - 12/03/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara setting alarm di HP (handphone) supaya tak ketinggalan melangsungkan sahur selama puasa Ramadhan 2024 (kata baku: Ramadan).

Sebagaimana cukup umum diketahui, selama bulan Ramadhan, umat muslim wajib melakukan ibadah puasa satu bulan penuh, yang tiap hari dimulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Baca juga: Link dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Motis 2024 dengan Kereta, Buka mulai Pukul 10.00

Sebelum memulai puasa, umat muslim melangsungkan aktivitas sahur atau makan pada dini hari. Aktivitas sahur ini mungkin cukup berat bagi sebagian pengguna. Pasalnya, pengguna harus bangun tepat waktu agar tak ketinggalan sahur.

Supaya bisa bangun tepat waktu atau tidak melebihi batas waktu sahur, ada berbagai cara yang bisa dilakukan pengguna. Salah satunya adalah mengaktifkan alarm di HP (handphone). Namun, ketika alarm HP sudah aktif, pengguna bisa saja tetap tak mendengarnya.

Alhasil, pengguna terlambat sahur. Untuk mencegah alarm HP yang tak kedengaran, pengguna perlu melakukan beberapa pengaturan atau setting. Lantas, bagaimana cara setting alarm di HP biar bisa bangun sahur tepat wakut?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara setting alarm di HP agar tak ketinggalan sahur selama puasa Ramadhan 2024.

Cara setting alarm di HP biar bisa bangun sahur tepat waktu

Ada beberapa setting alarm HP yang perlu dilakukan pengguna supaya bisa sahur tepat waktu. Misalnya, pengguna bisa setting alarm HP pada waktu sekitar dua jam sebelum jadwal imsak.

Selain itu, pengguna juga bisa setting alarm HP dengan waktu aktif secara beruntun, sehingga ketika suara akan terus diputar. Adapun beberapa cara setting alarm di HP agar tak ketinggalan sahur selama puasa Ramadhan 2024 adalah sebagai berikut.

1. Atur waktu alarm di HP sekitar dua jam sebelum imsak

Langkah pertama adalah atur waktu alarm sekitar dua jam sebelum imsak. Untuk jadwal imsak pada tiap kota/kabupaten di Indonesia, rinciannya bisa dilihat lebih lanjut di tautan ini https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Jadi, misal imsak jatuh pada 04:30 WIB maka sebaiknya atur waktu alarm di HP agar aktif atau menyala pada sekitar pukul 02:30 WIB.

Dengan mengatur alarm sekitar dua jam sebelum imsak, asumsinya pengguna dapat memiliki lebih banyak waktu dalam mempersiapkan diri untuk bangun dari tidur malam secara penuh serta mempersiapkan santapan sahur.

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 via Aplikasi Mitra Darat, Buka Mulai Pukul 12.00

2. Atur waktu alarm secara beruntun

Cara yang kedua adalah atur waktu alarm di HP secara beruntun. Cara ini dapat mengantisipasi kejadian pengguna sudah mematikan alarm, tetapi belum bangun juga, sehingga tak ada pengingat lagi.

Pengguna bisa mengatur alarm secara beruntun di waktu-waktu yang berjarak, misal di jam 02:30 WIB, 02:20 WIB, 02:10 WIB, dan 02:00 WIB.

Untuk mengatur waktu nyala alarm secara beruntun seperti itu, pengguna bisa menambahkan alarm baru di HP dengan waktu yang berbeda setelah membuat satu alarm di waktu tertentu.

3. Pilih nada alarm yang nyaring

Setelah mengatur alarm di jam-jam tertentu secara beruntun, langkah selanjutnya adalah memilih nada alarm. Supaya terdengar dengan baik dan bisa membangunkan dari tidur, sebaiknya pilihlah nada alarm yang nyaring.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com