Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Bisa Akses Internet di Laptop

Kompas.com - 27/12/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di laptop. Dalam kondisi tertentu, laptop bisa terhubung dengan WiFi secara lancar, tetapi tidak dapat dipakai mengakses internet.

Normalnya, saat laptop sudah terhubung atau connect WiFi, pengguna bisa memakainya untuk mengakses internet. Ketika masalah WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan.

Baca juga: 11 Cara Memperkuat Sinyal WiFi dengan Mudah agar Internetan Lancar

Pasalnya, pengguna jadi tidak bisa mengakses internet di laptop, padahal posisinya sudah connect WiFi. Lantas, kenapa WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop? Selengkapnya, berikut adalah penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop.

Penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop

Ada banyak penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop. Salah satu penyebab yang paling umum adalah terdapat gangguan pada sistem router sebagai perangkat untuk membagikan WiFi.

Kemudian, penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop juga bisa ditimbulkan karena gangguan yang terdapat pada sistem laptop itu sendiri.

Selain itu, penyebabnya juga bisa datang dari gangguan pada penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Itulah beberapa penyebab WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop.

Lantas, bagaimana cara mengatasi WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di laptop.

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet di laptop

Ada beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet di laptop. Adapun cara umum yang dapat dilakukan adalah dengan restart router. Cara ini dilakukan untuk menyegarkan kembali sistem perangkat router yang mengalami gangguan.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang tidak ramai, sehingga dapat mengakses internet di laptop dengan lancar. Adapun beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet di laptop adalah sebagai berikut.

1. Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada laptop

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa internetan di laptop yang pertama adalah dengan mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada laptop. Tindakan ini dapat menyegarkan kembali sistem yang terganggu saat proses menghubungkan WiFi dan laptop.

Pengguna bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di laptop. Kemudian, tunggu beberapa saat, lalu aktifkan kembali koneksi WiFi pada laptop. Setelah itu, coba lagi untuk menghubungkan laptop dengan WiFi dari perangkat router.

2. Restart router

Berikutnya, pengguna bisa mencoba untuk restart router. Caranya, matikan router dengan menekan tombol power, yang biasanya berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu nyalakan kembali.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

Tindakan ini juga dapat menyegarkan kembali sistem pada perangkat router yang mengalami gangguan, sehingga mungkin menyebabkan WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan di laptop.

3. Restart laptop

Cara mengatasi WiFI terhubung tapi tidak bisa akses internet di laptop adalah dengan restart laptop. Tindakan ini bisa menyegarkan kembali sistem laptop yang mengalami gangguan, sehingga mungkin bisa menyebabkan masalah sinyal WiFi lemah di laptop.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com