Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Apple Tim Cook ke Indonesia Bertemu Presiden Jokowi Besok

Kompas.com - 16/04/2024, 18:53 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook akan datang ke Indonesia, besok, Rabu (17/4/2024). Hal ini diungkap oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie.

"Ya besok, dia akan datang nanti di tanggal 17 (April)," kata Budi Arie di Jakarta, sebagaimana dikutip KompasTekno dari AntaraNews.

Sebelumnya, Budi menyebut, Tim Cook akan bertandang ke Indonesia pada 20 April. Namun, tampaknya jadwal ini dimajukan menjadi lebih cepat tiga hari.

Budi Arie mengatakan bahwa selama mengunjungi Indonesia bos Apple itu dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Besok rencananya CEO Apple Tim Cook akan diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka jam 9.30 WIB," ujar Budi Arie saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (16/4/2024).

Baca juga: Profil Tim Cook, Bos Apple yang Mau ke Indonesia Bulan Depan

Dalam kunjungannya ke Indonesia, menurut dia, CEO Apple salah satunya akan membahas peluang Apple melakukan investasi di Indonesia.

"Akan diumumkan, akan melakukan investasi .... Yang pasti semua perusahaan-perusahaan besar dari Amerika Serikat dan seluruh negara di dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti, tunggu, besok ada kejutan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Tim Cook juga berencana meninjau Apple Academy di kawasan BSD, Tangerang dalam kunjungannya ke Indonesia kali ini. Apple Academy merupakan program resmi Apple untuk mengembangkan talenta di bidang IT, khususnya pengembangan produk Apple.

Selain itu, kata Budi, bos Apple akan membahas pengembangan talenta digital melalui Apple Academy yang sudah dijalankan di Kabupaten Tangerang dan Kota Batam.

Program resmi Apple untuk mengembangkan talenta di bidang IT, khususnya pengembangan produk Apple, ini diharapkan dapat diperluas ke daerah yang lain di Indonesia, termasuk yang akan datang di Bali.

Kendati demikian, Budi mengemukakan, tidak tertutup kemungkinan ada pembahasan mengenai rencana pembangunan pabrik gawai Apple.

"Kemungkinan-kemungkinan itu kan semua ada, kita tinggal lihat approach-nya gimana. Karena pengguna produk Apple di Indonesia juga kan banyak sekali," kata Budi, pada 25 Maret 2024.

Baca juga: Tim Cook ke Indonesia April, Tanda-tanda Buka Apple Store Menguat

Buka Developer Academy ke-4 di Bali

Ilustrasi Apple Store.UNSPLASH/CHRIS NAGAHAMA Ilustrasi Apple Store.
Kehadiran Tim Cook tampaknya juga untuk meresmikan lokasi Apple Developer Academy yang baru, yakni di Bali.

Hal ini bertepatan dengan Apple yang baru saja mengumumkan akan membuka Apple Developer Academy keempatnya di Indonesia yang berlokasi di Bali. Hal ini diumumkan Apple melalui laman resmi Apple Newsroom hari ini, Selasa (16/4/2024).

Apple Developer Academy pertama di Indonesia dibuka di Jakarta pada tahun 2018. Kemudian, Apple juga telah membuka akademi di Surabaya dan Batam, dan Tangerang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com