Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6, Lebih Tipis dan Punya Kamera 200 MP?

Kompas.com - 19/03/2024, 07:35 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 91Mobiles

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan Galaxy S24 series, Samsung diyakini sedang menyiapkan ponsel lipat baru penerus Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5. Informasi yang beredar di internet juga menunjukkan bocoran ponsel lipat yang diduga disebut Galaxy Z Fold 6.

Bocoran yang bermunculan di internet terbilang cukup lengkap, karena tidak hanya mengungkap spesifikasi perangkat, tetapi juga sekilas desain dari Samsung Galaxy Z Fold 6.

Menurut pembocor gadget (tipster) di X dengan handle akun @RjeyTech, desain Samsung Galaxy Z Fold 6 bakal lebih tipis dibanding pendahulunya. Ketebalannya diklaim hanya 11 mm ketika terlipat. Sebagai pembanding, Galaxy Z Fold 5 punya ketebalan 13,4 mm ketika dilipat.

Hal ini juga diamini oleh sumber dalam yang dikutip tipster lain dengan handle akun @chunvn8888. Akan tetapi, kabarnya ponsel ini akan lebih lebar dengan bingkai layar yang lebih menyiku seperti Galaxy S24 Ultra, tidak lagi melengkung seperti pendahulunya.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 5 Belum Rilis, Bocoran Z Fold 6 Sudah Beredar

Tipster ini pun membagikan bocoran spesifikasi lainnya termasuk soal absennya slot untuk pena digital (stylus) S Pen. Namun ia tidak menjelaskan mengapa slot pena digital itu dihapus.

Konon, absennya S Pen hanya akan ada di salah satu model, yang merupakan model versi murah. Menurut rumor, versi murah ini akan diberi nama Galaxy Z Fold 6 FE.

Soal spesifikasi teknisnya, Samsung Galaxy Z Fold 6 konon bakal ditenagai Sytem on Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 3. Smartphone ini juga akan dibekali tiga kamera, tetapi konfigurasi kameranya belum diketahui.

Ada kemungkinan resolusi kameranya mencakup kamera utama 200 MP disertai fitur stabilisasi gambar OIS. Bila benar, maka resolusi kamera ponsel lipat ini meningkat pesat dari pendahulunya yang hanya mentok di 50 MP.

Tipster @chunvn8888 juga mengatakan bahwa smartphone lipat ini akan dilengkapi baterai berkapasitas 4.600 mAh.

Bocoran lainnya yaitu bahwa Galaxy Z Fold 6 akan dibalut dengan material titanium dan hadir dalam tiga opsi warna. Namun opsi warnanya belum dibeberkan.

Smartphone lipat ini disebut bakal rilis pada acara "Unpacked" berikutnya yang ditaksir berlangsung Juli 2024 mendatang, dihimpun KompasTekno dari 91Mobiles, Selasa (19/3/2024).

Baca juga: Bocoran Tampang Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 6, Lebih Kecil dari Z Fold 5

Bocoran tampang Galaxy Z Fold 6

Belum lama ini situs teknologi Smartprix dan tipster Onleaks juga membagikan bocoran desain Galaxy Z Fold 6. Bocoran itu tampil dalam sebuah gambar render tiga dimensi (3D).

Render 3D sebuah gadget biasanya dibuat berdasarkan file computer-aided design (CAD) yang diteruskan ke pembuat aksesori smartphone, sehingga render ini seharusnya akurat.

Berdasarkan render itu, desain Samsung Galaxy Z Fold 6 terlihat lebih kotak (boxy) dengan bagian layar yang lebih tajam dan tepi bodi persegi. Hal ini mirip seperti Samsung Galaxy S24 Ultra, tetapi berbeda dari Samsung Z Fold 5 dengan tepi yang lembut dan bulat.

Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6Smartprix Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6

Bocoran tampang ini juga menunjukan bahwa dua bagian perangkat ini terlipat rata dengan sedikit atau tanpa celah (gap). Walaupun, ada kemungkinan lipatan ini mungkin akan sedikit terlihat pada perangkat yang asli. Sejauh ini, Samsung terus berusaha untuk mengurangi celah panel itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com