Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Kartu Memori MicroSD yang Sekencang SSD

Kompas.com - 03/03/2024, 08:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Media penyimpanan kartu memori SD atau microSD biasanya jauh lebih pelan dari solid state drive (SSD), tapi tidak demikian halnya dengan produk Samsung yang satu ini.

MicroSD tersebut menggunakan standar transfer data baru bernama SD Express dan diklaim mencapai kecepatan baca 1 GB per detik serta kecepatan tulis 800 MB per detik.

Sebagai perbandingan, SSD dengan interface SATA memiliki kecepatan maksimal 600 MB per detik, sementara SSD NVMe eksternal dengan interface USB 3.1 Gen 2 memiliki speed sekitar 1 GB per detik.

Adapun kecepatan kartu memori SD dan microSD dengan standar UHS-I atau UHS-II pada umumnya berada jauh di bawahnya, maksimal sekitar 300 MB per detik.

Baca juga: Team Perkenalkan SSD Eksternal dengan MagSafe untuk iPhone

"Meskipun berukuran kecil, kartu memori ini menawarkan kecepatan seperti SSD," sebut VP Memory Brand Product Biz Team Samsung Electronics, Hangu Sohn, dalam sebuah keterangan di situs Samsung.

Untuk sekarang, produk microSD Samsung itu masih belum memiliki nama resmi karena masih dalam tahap sampling. Hanya disebutkan bahwa microSD yang bersangkutan rencananya bakal dirilis pada 2024, tanpa tanggal pasti.

Standar SD Express sebenarnya sudah eksis selama beberapa waktu, tapi belum pernah diterapkan di produk jadi hingga sekarang.

Samsung berhasil menerapkannya dalam bentuk kartu microSD lewat kerja sama dengan salah satu "pelanggan" untuk produk custom.

Baca juga: SanDisk Luncurkan Kartu Memori MicroSD 1,5 TB, Diklaim Terkencang di Dunia

Identitas customer yang bersangkutan tidak diungkap. Ada spekulasi bahwa teknologi microSD tersebut bisa dipakai oleh Nintendo untuk meningkatkan kecepatan storage di konsol handheld penerus Switch.

Apabila sudah meluas nanti, standar SD Express bisa memungkinkan aneka skenario baru yang membutuhkan kecepatan transfer data sangat tinggi, seperti perekaman video 8K 60 fps atau 120 fps.

Selain microSD dengan standar SD Express, Samsung turut memperkenalkan kartu memori microSD pertamaya yang memiliki kapasitas 1 TB. Namun, produk yang bakal dirilis pada kuartal-III 2024 ini tidak menggunakan SD Express, melainkan UHS-1 konvensional.

Selain skenario terkait konten, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Minggu (3/3/2024), Samsung juga menyebutkan bahwa dua produk microSD tersebut dapat memfasilitasi aplikasi AI di gadget, khususnya yang bersifat on-device.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com