Google Maps Bikin Kesasar? Begini Cara Kerjanya

Kompas.com - 19/02/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Pengendara yang tidak tahu arah jalan, lalu kesasar atau tersesat di suatu lokasi, mungkin jadi hal yang biasa. Namun, beda cerita dengan pengendara yang menggunakan Google Maps, kemudian tersasar di lokasi yang tidak menjadi tujuannya.

Bagi sebagian pengguna mungkin pernah kesasar saat berkendara padahal sudah memakai aplikasi navigasi atau penunjuk arah milik Google itu. Terbaru, ada kasus pengendara motor yang kesasar di jalan tol akibat menggunakan Google Maps.

Pengedara yang merupakan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu bahkan sampai tertabrak mobil, lantaran kesasar masuk ke jalan tol Tol Jakarta-Cikampek KM 1 arah Bekasi, wilayah Jakarta Timur.

Baca juga: Gempa Juga Bisa Dipantau dari Google Maps

Sementara itu, Kanit Laka Satlantas Jakarta Timur Iptu Seno Wibowo mengatakan, kecelakaan tersebut bermula saat siswi itu berangkat sekolah menggunakan Google Maps, namun ia mengatur penunjuk arahnya untuk jalur mobil, bukan motor.

"Yang dipakai Google Maps mobil, makanya dia masuk tol itu," kata Seno, dilansir dari Kompas.com, Sabtu, (19/02/2022).

Siswi SMP masuk tol itu bukan pertama kalinya terjadi kasus pengguna kesasar saat memakai penunjuk arah dari Google Maps. Mungkin pada kasus siswi SMP masuk tol itu, kesalahan terletak pada pengguna.

Dalam kasus itu, siswi tersebut harusnya mengatur penunjuk arah Google Maps dengan memilih opsi jalur motor, supaya tidak diarahkan Google Maps untuk melewati jalan tol yang jadi jalur mobil.

Sementara itu, ada beberapa kasus Google Maps bikin kesasar yang kesalahannya tidak terletak pada pengguna. Misalnya, pada bulan lalu, ada sebuah mobil sedan yang berisi satu keluarga kesasar di tengah hutan di kawasan Muara Badak, Kalimantan Timur.

Mereka tersesat di hutan usai mengikuti arah yang ditunjukkan Google Maps. Bahkan tim SAR setempat harus turun tangan untuk membantu mereka. Dari kasus di atas, menunjukkan bahwa Goole Maps bikin kesasar itu mungkin terjadi.

Penyebab Google Maps bikin kesasar itu salah satunya sebabnya bisa dilihat dari cara kerja Google Maps dalam mengumpulkan informasi lokasi, untuk membuat penunjuk arah pada pengguna.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.