Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu-lagu Drake, Olivia Rodrigo, dan Taylor Swift Akhirnya Muncul Lagi di TikTok

Kompas.com - 06/05/2024, 19:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Lagu-lagu populer milik musisi kenamaan macam Drake dan Olivia Rodrigo akhirnya kembali lagi ke TikTok. Lagu-lagu mereka kembali setelah Universal Music Group (UMG), label musik yang menaungi Drake dan Olivia, serta banyak musisi kenamaan lain, menyepakati perjanjian lisensi baru dengan TikTok.

"Kami dengan senang hati menyambut UMG dan UMPG (Universal Music Publishing Group) kembali ke TikTok" kata Ole Obermann, Global Head of Music Business Development TikTok dalam situs resmi Universal Music yang tayang Rabu (1/5/2024).

Ia menambahkan, TikTok dan UMG akan bekerja sama untuk memastikan bahwa alat kecerdasan buatan/artificial intelligence/AI, akan dikembangkan secara bertanggung jawab, agar bisa mengayomi artis maupun pengguna TikTok.

"Babak baru kerjasama dengan TikTok ini, akan fokus pada nilai musik, keutamaan seni manusia dan kesejahteraan masyarakat kreatif," jelas Sir Lucian Grainge, Chariman dan CEO Universal Music Group.

"Kami berharap bisa berkolaborasi dengan tim TikTok untuk memajukan minat artis dan penulis lagu kamu, serta mendorong inovasi dalam keterlibatan penggemar, sambil meningkatkan monetisasi musik sosial," imbuh Grainge.

Baca juga: Lagu Taylor Swift, Drake, dan Olivia Rodrigo Lenyap dari TikTok, Ini Penyebabnya

Sebelumnya, lagu-lagu Drake, Olivia, hingga Taylor Swift sempat hilang dari TikTok sejak Februari lalu karena masalah lisensi. Akibatnya, konten yang sudah diunggah dan menggunakan musik latar (background music) dari Taylor Swfit, Drake, dan Olivia Ridrigo dibisukan (muted). 

 

Lagu-lagu dari musisi kenamaan seperti Taylor Swift, Drake, dan Olivia Rodrigo kini resmi lenyap dari TikTok, Jumat (2/2/2024). Video TikTok (VT) pengguna yang sebelumnya menggunakan musik latar (background music) dari tiga musisi beken tersebut kini dibisukan (muted)KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Lagu-lagu dari musisi kenamaan seperti Taylor Swift, Drake, dan Olivia Rodrigo kini resmi lenyap dari TikTok, Jumat (2/2/2024). Video TikTok (VT) pengguna yang sebelumnya menggunakan musik latar (background music) dari tiga musisi beken tersebut kini dibisukan (muted)

Dalam perjanjian terbaru kali ini, UMG menekankan bahwa pihaknya dan TikTok bakal memberi remunerasi terbaru bagi penulis lagu, musisi UMG, peluang promosi, dan keterlibatan rekaman dan lagu para musisi, hingga perlindungan dari industri soal perkembangan AI generatif.

Dalam keterangan resmi, TikTok juga berkomitmen akan bekerja sama dengan UMG untuk menghapus musik yang dihasilkan AI secara tidak sah, yang beredar di platform besutan ByteDance itu. TikTok juga akan menyiapkan alat (tools) AI yang dapat meningkatkan atribusi penyanyi, hingga penulis lagu.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (6/5/2024), kesepakatan Universal Music dan TikTok juga menyoroti soal peluang monetisasi yang baru.

Baca juga: Survei: Mayoritas Warga AS Percaya TikTok Alat Mata-mata China

TikTok akan terus berupaya membangun tools yang membantu para musisi memanfaatkan platform dengan lebih baik, seperti laporan analitik dan tiket terintegrasi.

“UMG dan TikTok kini juga bekerja sama untuk segera mengembalikan musik dari penyanyi di bawah naungan Universal Music Goup, dan penulis lagu yang diwakili Universal Music Publishing Group ke TikTok pada waktunya,” pungkas UMG.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, Senin (6/5/2024), lagu-lagu Drake dan Olivia Rodrigo masih belum muncul di pencarian audio. Ada kemungkinan, kemunculan lagu-lagu ini akan bertahap.

Sementara itu, lagu-lagu Taylor Swift, yang juga sebelumnya sempat hilang, kini sudah tersedia lagi di TikTok. Lagu-lagu Taylor Swift bahkan lebih dulu kembali ke TikTok, sebelum pengumuman kerjasama baru TikTok dan UMG.

Dari penelusuran KompasTekno pada pertengahan April lalu, lagu-lagu Taylor Swift terpantau sudah muncul di profil TikTok resmi @taylorswift.

Taylor Swift menjadi satu-satunya penyanyi di bawah naungan Universal Music yang lagu-lagunya kembali ke TikTok, di tengah perselisihan lisensi antara TikTok dan UMG.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com