Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Pixel Watch dan Galaxy Watch Bisa Buka E-mail Langsung dari Smartwatch

Kompas.com - 09/10/2023, 07:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google merilis aplikasi Gmail untuk smartwatch dengan sistem operasi Wear OS 4. Dengan aplikasi mandiri (standalone) ini, pengguna smartwatch kini bisa membuka e-mail langsung dari jam pintarnya.

Gmail versi Wear OS memungkinkan pengguna untuk me-refresh, menelusur semua e-mail, termasuk e-mail masuk alias inbox hingga folder lainnya.

Sejumlah smartwatch dengan WearOS antara lain Pixel Watch buatan Google, dan Galaxy Watch (seri 4 dan 5) buatan Samsung. Daftar lengkapnya bisa dilihat di tautan berikut ini.

Seperti di perangkat lainnya, pengguna juga bisa melihat isi e-mail secara lengkap. Namun, karena tampilan smartwatch yang mungil, pengguna tidak bisa membuka lampiran yang dilampirkan dalam e-mail seperti gambar atau dokumen.

Ketika ada e-mail baru, notifikasinya akan muncul di bilah notifikasi smartwatch.

Gmail versi Wear OS juga mendukung penggunaan beberapa akun dengan peralihan antar akun yang cukup mudah, seperti Gmail di smartphone atau perangkat lainnya.

Namun, perlu dicatat bahwa Gmail di smartwatch hanya menampilkan e-mail baru saja, tidak mencakup semua e-mail yang belum terbaca.

Sebelum dukungan ini tersedia, pengguna smartwatch berbasis WearOS hanya bisa menerima notifikasi dari Gmail saja.

Dari notifikasi itu, pengguna bisa mengarsipkan, membalas atau menghapus e-mail tanpa kemampuan melihat e-mail secara penuh.

Baca juga: Tampilan Gmail Paling Sederhana Pensiun Awal 2024, Apa Dampaknya bagi Pengguna?

Gmail untuk WearOS sebenarnya sudah diumumkan Google dalam acara konverensi pengembang tahunan perusahaan atau disebut Google I/O 2023 yang berlangsung Mei lalu.

Kini aplikasi itu sudah tersedia untuk diunduh lewat Play Store, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (9/10/2023).

Gmail balas e-mail pakai reaksi emoji

Selain menggulirkan Gmail versi Wear OS, Google belum lama ini juga merilis dukungan emoji sebagai reaction alias reaksi pada e-mail.

Fitur emoji ini sudah mulai digelontorkan secara bertahap untuk pengguna Android, dan nantinya akan dirilis di Gmail versi web dan iOS dalam beberapa bulan mendatang. Belum diketahui apakah dukungan yang sama akan tersedia untuk Gmail versi Wear OS atau tidak.

Pantauan KompasTekno, fitur emoji di Gmail belum hadir di Indonesia. Adapun cara kerja fitur emoji di Gmail ini mirip dengan yang kita jumpai di aplikasi perpesanan, misalnya Discord.

Ketika membuka pesan atau e-mail di Gmail, pengguna akan menemukan sebuah tombol emotikon senyum (smiley) di sebelah kanan tombol "Reply", "Reply all", dan "Forward".

Sejumlah emoji di Gmail dan menghasilkan efek animasi yang berbeda. Emoji Party Popper, misalnya, membawa efek kertas warna-warniGSMArena Sejumlah emoji di Gmail dan menghasilkan efek animasi yang berbeda. Emoji Party Popper, misalnya, membawa efek kertas warna-warni

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com