Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Tahun Digunakan, Google Baru Patenkan Logo Huruf "G" di Ponsel Pixel

Kompas.com - 23/03/2024, 11:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Logo yang diwakilkan dengan huruf "G" selalu muncul di semua ponsel dari seri Pixel buatan Google, mulai dari generasi pertama Google Pixel yang meluncur 2016 lalu, hingga yang terbaru Google Pixel 8 yang meluncur Oktober 2023 lalu. 

Kini, setelah sekitar delapan tahun dipakai, logo tersebut ternyata baru dipatenkan oleh Google. Hal ini mencuat berkat sebuah dokumen paten yang kabarnya telah dikirimkan Google ke kantor paten AS (USPTO).

Dalam dokumen ini, terlihat bahwa huruf G di ponsel Pixel akan diletakkan di bagian tengah punggung ponsel, sebagaimana tampak pada gambar paten di bawah ini.

Baca juga: Google Pecat 1.000-an Karyawan, Termasuk Tim Pixel

Ilustrasi huruf G dalam sebuah perangkat ponsel yang tertuang dalam paten Google.Gizmochina Ilustrasi huruf G dalam sebuah perangkat ponsel yang tertuang dalam paten Google.

Pada awalnya di ponsel Pixel generasi pertama 2016 lalu, logo ini sebenarnya diposisikan agak ke bagian bawah ponsel, dan desain seperti ini dipakai hingga Pixel 6 Series yang meluncur sekitar 2021 lalu.

Namun, mulai Pixel 7 Series yang meluncur 2022 lalu, logo G mulai diposisikan tepat di bagian tengah cangkang perangkat, sama seperti gambar di atas.

Tidak disebutkan mengapa Google baru  mematenkan logo atau huruf G ini setelah delapan tahun ponsel Pixel meluncur di pasaran.

Namun yang jelas, dengan adanya dokumen paten ini, perusahaan lain tentunya akan terkena aturan pelanggaran hukum hak cipta yang berlaku, apabila menggunakan logo ini dengan bebas tanpa izin atau lisensi.

Selain itu, logo ini juga akan menjadi identitas dari produk Pixel buatan Google, sama seperti logo "apel yang digigit" di produk Apple, logo bertuliskan "Samsung" di produk Samsung, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Google Pixel 8 Baru Meluncur, Bocoran Pixel 8a Sudah Beredar

Belum bisa dipastikan pula apakah logo yang telah dipatenkan ini berlaku di produk lainnya di luar Pixel atau tidak.

Namun, ada kemungkinan logo ini, baik itu desain dan penempatannya, akan diterapkan pada produk smartphone buatan Google, bukan tablet atau jam pintar (smartwatch), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Sabtu (23/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com