Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Gulirkan Fitur Pilih Thumbnail Terbaik untuk Semua Kreator

Kompas.com - 16/06/2024, 08:02 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Platform streaming video milik perusahaan teknologi Google, Youtube, meluncurkan fitur uji coba yang memungkinkan kreator konten untuk membandingkan dan menguji kualitas thumbnail mana yang terbaik di unggahan video mereka.

Awalnya fitur yang dinamakan Thumbnail Test & Compare tersebut hanya tersedia untuk segelitir pengguna saja tahun lalu. Namun kini dalam lamannya, Youtube mengatakan bakal menggulirkan fitur uji thumbnail itu untuk semua kreator konten.

Dengan fitur tersebut, para pembuat konten dapat menguji dan membandingkan sampai dengan tiga thumbnail untuk satu unggahan video di saluran YouTube Mereka.

Nantinya, YouTube akan menampilkan thumbnail yang telah dipilih kreator secara merata kepada penonton video. Setelah itu, YouTube akan memilih dan menampilkan thumbnail terbaik sebagai pemenang (winner) berdasarkan jumlah waktu tontonan video.

Baca juga: Pengguna Ad Blocker Makin Susah Nonton Video di YouTube

Meski fitur ini bisa memilih thumbnail terbaik secara otomatis, namun kreator pun tetap dapat memilih thumbnail secara manual. Kreator juga bisa mengakses data kinerja dari thumbnail guna melihat thumbnail mana yang menghasilkan waktu tonton terbanyak.

Fitur Thumbnail Test & Compare YouTubeTechCrunch Fitur Thumbnail Test & Compare YouTube

Dengan begitu, fitur tersebut memungkinkan para kreator konten untuk menghasilkan keputusan yang lebih baik dalam memilih thumbnail semenarik mungkin agar videonya ditonton oleh sebanyak mungkin audience.

Nantinya, kreator juga dapat melihat label "preffered" atau lebih disukai ketika pengujian thumbnail telah usai. Ini berarti, thumbnail tersebut cenderung mengungguli thumbnail lain berdasarkan waktu tontonnya,

Menurut YouTube, jika dalam proses pengujian dan perbandingan thumbnail tidak ada yang berhasil menjadi pemenang, maka YouTube bakal memilih thumbnail pertama dari kreator dan menampilkannya kepada penonton video.

Baca juga: YouTube Playables Resmi Meluncur, Bisa Main Game Gratis Langsung dari Aplikasi

Proses pengujian bisa 2 minggu

YouTube menyebutkan bahwa proses untuk menguji thumbnail bisa memakan waktu beberapa hari hingga dua minggu lamanya, tergantung pada jumlah tayangan video dan perbedaan di antara masing-masing thumbnail.

Nah, platform streaming video itu menyarankan agar membuat perbedaan mencolok antar desain thumbnail saat ingin mengujinya, seperti memvariasikan komposisi tata letak, latar belakang, hamparan teks, dan penempatan objek, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kreator dapat menggunakan fitur dari YouTube tersebut untuk berbagai macam jenis konten, termasuk video reguler, serial podcast, siaran langsung yang telah diarsipkan, dan konten publik yang berdurasi panjang.

Akan tetapi, fitur itu tidak bisa digunakan oleh kreator untuk konten yang diprivat alias tidak dapat dilihat oleh umum, video yang dibuat untuk para pemirsa dewasa, maupun video yang disetel untuk anak-anak atau Made for Kids.

Baca juga: YouTube Music Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung, Begini Caranya

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Minggu (16/6/2024), fitur Thumbnail Test & Compare akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan di YouTube Studio untuk desktop bagi semua kreator konten yang mempunyai akses ke fitur lanjutan.

Untuk memastikan akun Anda memenuhi syarat untuk mengakses fitur lanjutan, Anda dapat membuka kelayakan fitur di pengaturan saluran Anda pada YouTube Studio, lalu memeriksa apakah Anda menjumpai tulisan “Diaktifkan” di samping bagian fitur lanjutan.

“Dengan cara ini, Anda akan dapat mulai menggunakan Test & Compare segera setelah Anda memiliki akses.” Ujar YouTube.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com