Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata Gen Ask yang Sering Dipakai di Media Sosial

Kompas.com - 17/06/2024, 16:35 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul atau kata slang biasa digunakan di berbagai platform media sosial. Bahasa-bahasa gaul biasanya memiliki arti atau makna tertentu yang diketahui pengguna aktif media sosial tersebut.

Misalnya saja kata Gen Ask yang kerap ditemui di media sosial X (dulu Twitter). Kata ini sering digunakan pengguna dalam akun “Fanbase” dan “Menfess” untuk menanyakan suatu hal.

Kata “Gen Ask” juga disematkan pada awal maupun akhir kalimat yang tertulis dari akun tersebut. Salah satu penggunaan akun “Gen Ask” dapat dilihat dari contoh penggunaan akun “Menfess” berikut ini.

Nah bagi Anda yang awam mengenai istilah Gen Ask atau makna di balik kata ini, berikut ini penjelasannya.

Arti dan makna kata Gen Ask

Dilansir dari laman bahasadaring.com, Gen Ask merupakan kependekan dari genuinely asking. Ini merupakan istilah bahasa Inggris yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “Benar-benar bertanya”.

Lantas apa makna di balik kata Gen Ask yang sering digunakan di akun-akun X? Gen Ask sendiri dapat diartikan bahwa akun tersebut sedang sungguh-sunguh bertanya.

Misalnya saja kata ini digunakan dalam kalimat “Gen ask, pernah mengalami baterai HP yang tiba-tiba habis padahal seharian jarang buka HP?

Gen ask bersifat sebagai penekanan bahwa pengguna sungguh-sungguh bertanya karena ingin mendapatkan jawaban atau respon tertentu dari pembaca twitnya.

Dalam contoh kalimat di atas, menandakan bahwa pengguna menekankan bahwa dirinya benar-benar ingin tahu apakah terdapat pengguna lain yang mengalami pengalaman serupa terhadap ponsel Androinya.

Dalam pengamatan KompasTekno di utas-utas X, kata Gen ask bisa jadi memiliki sifat penekanan pada pertanyaan yang diajukan. Pengguna berharap utas dengan tambahan kata Gen ask dapat menjawab pertanyaan.

Penggunaan Gen ask juga fleksibel menempatkan kata ini pada konteks pertanyaan dan kalimat apa pun.

Baca juga: Arti Kata “Dry Text” Istilah yang Sering Digunakan Pengguna Media Sosial

Contoh penggunaan kata Gen Ask

  • Gen ask, coba tunjukkan hasil foto dari HP kalian masing-masing
  • Cara hapus foto dan video yang menumpuk di grup WA gimana sih gais? (gen ask)
  • Gimana sih cara cek penggunaan data internet di HP Android? - gen ask

Baca juga: Arti Kata IJBOL yang Sering Digunakan di Media Sosial

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com