Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Pesan Video WhatsApp di iPhone dengan Mudah

Kompas.com - 24/08/2023, 18:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi WhatsApp atau biasa disebut WA saja, sekarang memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat pesan dalam format video. Sebelumnya, seperti yang cukup umum diketahui, pesan WhatsApp itu berupa teks dan suara (voice note).

Kini, format pesannya bisa pula dalam bentuk video. Fitur pesan video WA memiliki pengoperasian yang mirip dengan voice note. Fitur pesan video WA bukan berarti mengirim file media video dari galeri ponsel ke ruang obrolan.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Sedang dalam Panggilan Lain padahal Tidak Telepon? Begini Penjelasannya

Akan tetapi, layaknya voice note, lewat fitur pesan video WA, pengguna dapat merekam langsung video di ruang obrolan dan dikirim sebagai chat, bukan file media. Lantaran dikirim sebagai chat, rekaman video dari fitur pesan video WA itu tidak dapat diunduh.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk membuat pesan instan video dengan durasi maksimal 60 detik atau 1 menit. Fitur pesan video WA sejatinya sudah dirilis di Indonesia sejak akhir Juli lalu.

Namun, saat awal rilis, fitur pesan video WA baru tersedia untuk ponsel Android saja. Kini, fitur pesan video WA tampaknya sudah tersebar secara merata, tidak di ponsel Android saja, melainkan di perangkat berbasis iOS seperti iPhone juga.

Jadi, pengguna WhatsApp di iPhone sekarang sudah bisa menjajal buat mengirim pesan video. Lantas, bagaimana cara pesan video WA di iPhone? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara kirim pesan video WA di iPhone.

Cara kirim pesan video WA di iPhone

Cara kirim pesan video WA di iPhone itu cukup mudah dan pada dasarnya sama seperti di ponsel Android. Untuk membuat pesan video WA di iPhone, pengguna juga perlu mengetuk ikon mikrofon yang terdapat pada kolom pengetikan chat.

Sebagai informasi, pesan video WA tidak dibuat melalui ikon kamera yang terdapat pada kolom pengetikan chat, tetapi ikon mikrofon yang biasa digunakan untuk membuat voice note. ikon mikrofon itu sekarang bisa beralih menjadi ikon rekam video jika diklik.

Baca juga: Ada Tombol Baru “HD” saat Kirim Foto di WhatsApp, Apa Itu?

Jadi, setelah mengetuk ikon mikrofon dan berganti menjadi ikon rekam video, pengguna bisa mulai membuat pesan video WA di iPhone. Adapun langkah-langkah membuat dan mengirim pesan video WA di iPhone adalah sebagai berikut:

  • Buka ruang obrolan pribadi atau grup.
  • Pada kolom pengetikan chat, ketuk ikon mikrofon (hanya sekali ketuk, bukan ditahan).
  • Setelah itu, ikon mikrofon bakal beralih menjadi ikon rekam video.
  • Klik dan tahan ikon rekam video untuk mulai merekam video.
  • Pengguna bisa mengunci tombol tersebut dengan mengusapnya ke atas, sehingga tak perlu ditahan terus untuk merekam video.
  • Pengguna bisa merekam video dengan kamera depan atau belakang.
  • Perekaman berjalan dalam bingkai lingkaran. Saat perekaman berlangsung, bingkai lingkaran itu bakal terdapat garis hijau yang berjalan sebagai penanda durasi video.
  • Jika sudah selesai merekam, pengguna bisa mengetuk tombol Stop dan melihatnya hasil rekaman video itu dulu.
  • Bila video dirasa kurang pas, pengguna bisa langsung menghapusnya.
  • Jika video dirasa sudah sesuai, pengguna bisa langsung mengirimnya ke ruang obrolan.

Ilustrasi cara kirim pesan video WA di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara kirim pesan video WA di iPhone.

Itulah penjelasan mengenai cara kirim pesan video WA di iPhone, yang mirip dengan di ponsel Android. Pesan video yang terkirim di ruang obrolan WA bakal berbentuk lingkaran juga, sama seperti bingkai yang terdapat saat melakukan perekaman.

Pesan video WA bakal berputar otomatis ketika pengguna membuka ruang obrolan yang berisi pesan video itu. Untuk memutar video dari pesan video WA, pengguna juga bisa klik pesan video tersebut di ruang obrolan.

Ketersediaan fitur pesan video WA di iPhone

Cukup mudah bukan cara kirim pesan video WA di iPhone? Sebagai informasi tambahan, KompasTekno telah mendapatkan fitur pesan video WA ini pada aplikasi WhatsApp iPhone versi versi 23.16.78.

Baca juga: 5 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Data, Mudah dan Praktis

Jika belum mendapatkannya, cobalah untuk memeriksa pembaruan aplikasi WhatsApp di App Store (toko aplikasi iPhone). Jika tersedia, silakan untuk memperbarui aplikasi WhatsApp dan cek apakah fitur pesan video WA sudah tersedia atau belum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com