Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Foto WhatsApp Android Kini Bisa Dibikin HD Otomatis

Kompas.com - 20/06/2024, 14:01 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPAS.com - Sejak Agustus 2023 lalu WhatsApp mengizinkan pengguna untuk mengirim foto dalam kualitas High Definition (HD).

Fitur ini cukup dinanti pengguna karena biasanya, foto yang dikirim lewat WhatsApp atau WA melalui proses kompresi sehingga kualitasnya jauh berkurang. 

Selama ini untuk mengirim foto dengan kualitas HD di WhatsApp, pengguna harus memilih opsi foto HD secara manual. Meski sebenarnya tidak sulit untuk mengubah pilihan menjadi foto HD, tetapi, pengguna kadang lupa memilih menu tersebut ketika mengirim foto. 

Nah, kini Meta memungkinkan pengguna WA untuk mengatur foto HD sebagai pilihan default. Jadi foto yang dikirim pengguna otomatis dikirim dalam resolusi besar. 

Baca juga: 5 Cara Buat Status WhatsApp HD, Tidak Pecah dan Buram

Fitur ini dirilis Meta untuk pengguna WhatsApp Android versi 2.24.5.6 pada Selasa (18/6/2024). Fitur ini sebelumnya hanya tersedia untuk WA versi beta. Untuk mengatur agar foto HD menjadi pilihan default, pengguna harus masuk ke menu pengaturan atau setting. 

Di menu ini, pengguna bisa memilih pilihan "Storage and Data". Kemudian, pilih menu "media upload quality". Di situ, pengguna akan mendapati dua pilihan yakni "standard quality" dan "HD quality". 

WhatsApp menggelontorkan pilihan default untuk mengirim foto HD kepada pengguna WA Android, Rabu (19/6/2024). Dengan pilihan ini, pengguna tidak perlu lagi repot mengubah opsi pengiriman gambar menjadi HD secara manual. KOMPAS.com/Yudha Pratomo WhatsApp menggelontorkan pilihan default untuk mengirim foto HD kepada pengguna WA Android, Rabu (19/6/2024). Dengan pilihan ini, pengguna tidak perlu lagi repot mengubah opsi pengiriman gambar menjadi HD secara manual.
Pengguna WA cukup pilih opsi "HD quality" untuk membuat pilihan tersebut menjadi default

Pantauan KompasTekno, pilihan default untuk foto HD ini juga sudah hadir di Indonesia. KompasTekno menggunakan WhatsApp Android versi 2.24.11.79 (non-beta) sudah bisa memilih menu tersebut. 

Pengguna juga bisa memilih opsi "Standard quality" (resolusi 720 x 1280) untuk mengirimkan gambar yang sudah dipangkas kualitasnya. Namun, ukurannya akan lebih kecil dibanding HD.

Saat menerima foto berkualitas tinggi, pengguna akan melihat label "HD" yang terletak di pojok kiri bawah gambar.

Artinya jika tidak ada label HD, maka gambar yang dilihat pengguna di WA dipastikan tidak memiliki kualitas tinggi. Kemungkinan lainnya, gambar tersebut sudah memiliki kualitas rendah dari awal, seperti gamnbar screenshot.

Bagi yang belum kebagian jangan berkecil hati. Biasanya fitur-fitur baru seperti ini digelontorkan secara bertahap kepada semua pengguna. 

Baca juga: Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bikin Pesan Suara di Status WA Lebih Panjang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com