Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Smartphone "GenAI" Terlaris Awal 2024

Kompas.com - 06/06/2024, 09:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar ponsel dunia kini diramaikan dengan kehadiran smartphone berkemampuan Generative AI (GenAI), teknologi kecerdasan buatan yang bisa menciptakan konten baru berdasarkan input atau perintah pengguna.

Menurut laporan firma riset pasar Counterpoint Research, smartphone berkemampuan GenAI menyumbang 6 persen terhadap penjualan smartphone global pada kuartal I-2024. Ini mencerminkan peningkatan signifikan dari hanya 1,3 persen pada kuartal sebelumnya.

Laporan ini juga merinci daftar 10 HP GenAI terlaris pada kuartal I-2024 ini. Adapun trio Samsung Galaxy S24 series mendominasi HP GenAI paling banyak dibeli pada periode Januari-Maret 2024 ini.

Baca juga: Komparasi: Samsung Galaxy S24 Vs Samsung Galaxy S24 Plus

Samsung S24 Ultra tampil sebagai juaranya dengan menguasai 30,1 persen pangsa pasar HP GenAI. Diikuti oleh Samsung S24 reguler di posisi kedua (16,8 persen) dan Samsung S24 Plus di posisi ketiga (11,5 persen).

Bila ditotal, Samsung menguasai sekitar 58,4 persen pangsa pasar HP GenAI dengan ketiga model Galaxy S24.

Trio Samsung S24 series ini debut pada pertengahan Januari lalu dengan membawa fitur Galaxy AI seperti Cirle to Search, Live Translate, Interpreter, dan lainnya.

Baca juga: 7 Fitur Galaxy AI yang Debut di Trio Samsung Galaxy S24

Counterpoint melihat, kampanye pemasaran Samsung terkait Galaxy AI di Samsung S24 series ini yang agresif, ditambah posisinya yang mapan, mendorong kesuksesan lini Samsung S24 series.

Enam ponsel GenAI lainnya yang ada dalam daftar berasal dari vendor seperti Xiaomi, Vivo, Honor, Oppo, dan Google. Ponsel-ponsel ini memiliki fitur-fitur seperti potret AI, alat penghapus AI, dan asisten virtual offline.

Selengkapnya, berikut daftar 10 HP GenAI terlaris pada kuartal I-2024, berdasarkan besaran pangsa pasarnya, versi Counterpoint Research.

  1. Samsung S24 Ultra - 30 persen
  2. Samsung S24 - 16,8 persen
  3. Samsung S24 Plus - 11,5 persen
  4. Xiaomi 14 - 7,7 persen
  5. Vivo X100 - 4,9 persen
  6. Xiaomi 14 Pro - 4 persen
  7. Oppo Find X7 - 3,2 persen
  8. OnePlus 12 - 2,7 persen
  9. Honor Magic 6 - 2,6 persen
  10. Google Pixel 8 Pro - 2,2 persen

Counterpoint menggarisbawahi, smartphone premium (harga jual lebih dari Rp 9,7 juta) menyumbang lebih dari 70 persen penjualan ponsel cerdas berkemampuan GenAI di kuartal I-2024.

Model HP GenAI meningkat

Ilustrasi fitur  Circle to Search Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 series.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi fitur Circle to Search Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 series.
Counterpoint mencatat, jumlah model smartphone berkemampuan GenAI meningkat dari 16 menjadi lebih dari 30 buah pada kuartal pertama, Ini menunjukkan meningkatnya minat merek terhadap segmen ini.

Baca juga: Samsung Kuasai Pasar Ponsel Global berkat Galaxy AI

Kemampuan GenAI telah membuka peluang baru bagi merek ponsel pintar dan berpotensi mendorong pertumbuhan pasar di tahun-tahun mendatang.

Counterpoint meramalkan, smartphone dengan kemampuan GenAI akan menyumbang 11 persen dari keseluruhan penjualan pasar ponsel cerdas tahun ini, seiring dengan munculnya kasus penggunaan baru dan peningkatan kesadaran konsumen di segmen tersebut.

Fitur-fitur yang berfokus pada media dan asisten virtual yang dipersonalisasi diharapkan menjadi pendorong utama adopsinya.

Di sisi hardware, lebih banyak chipset berkemampuan GenAI dari perusahaan semikonduktor besar dengan harga terjangkau akan semakin membantu pertumbuhan segmen ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Counterpoint Research, Kamis (6/6/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com