Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Undangan di Grup WhatsApp lewat Menu Baru “Event”, Mudah

Kompas.com - 02/07/2024, 15:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp atau biasa disingkat WA, rutin menggelontorkan fitur baru ke pengguna. Beberapa hari belakangan ini, ruang obrolan grup WA kedatangan fitur atau menu baru yang bertajuk “Event” atau “Acara”.

Berdasarkan pantauan kami, menu baru itu telah tersedia di grup WA sejak Senin kemarin (2/7/2024). Menu Event atau Acara hanya ada di ruang obrolan grup, sedangkan ruang obrolan pribadi belum tersedia.

Baca juga: 5 Cara agar WhatsApp Terlihat Offline padahal Online, Mudah dan Praktis

Menu baru Event yang tersedia bersama deretan menu lampiran di ruang obrolan grup WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Menu baru Event yang tersedia bersama deretan menu lampiran di ruang obrolan grup WhatsApp.

Menu Event grup WA berada dalam satu bagian dengan deretan menu lampiran, seperti Photo, Audio, Poll, dan lainnya. Dengan menu Event grup WA, pengguna bisa membuat undangan acara atau kegiatan bersama dan membagikannya ke anggota grup.

Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara membuat undangan acara di grup WA dengan Event. Lantas, bagaimana cara membuat undangan di grup WhatsApp dengan Event?

Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat undangan di grup WhatsApp lewat menu baru Event.

Cara membuat undangan di grup WhatsApp dengan Event

Cara membuat undangan di grup WhatsApp lewat Event itu pada dasarnya sangat mudah. Pengguna tinggal klik menu lampiran di kolom pengetikan chat pada ruang obrolan grup. Kemudian, pilih menu Event dan isi beberapa detail informasi kegiatan.

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara membuat undangan acara di grup WhatsApp lewat menu baru Event adalah sebagai berikut:

  • Buka ruang obrolan grup WhatsApp.
  • Kemudian, klik ikon plus di kolom pengetikan chat untuk membuka menu lampiran.
  • Setelah itu, pada deretan menu lampiran, pilih menu “Event”.
  • Isi beberapa detail informasi undangan, seperti nama acara, deskripsi kegiatan, jadwal, lokasi, dan tambahkan tautan telepon atau video call jika perlu.
  • Setelah dibuat, klik opsi “Send” untuk mengirim undangan ke ruang obrolan grup.
  • Jika terdapat perubahan informasi, pengguna yang membuat undangan itu bisa klik undangan di grup dan pilih opsi “edit” untuk menambahkan atau memperbaiki detail informasi undangan.

Ilustrasi cara membuat undangan di grup WhatsApp dengan Event.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat undangan di grup WhatsApp dengan Event.

Baca juga: Cara Nobar di WhatsApp dengan Mudah dan Praktis

Cukup mudah bukan cara membuat undangan di grup WhatsApp dengan menu baru Event? Dengan cara tersebut, pengguna bisa membuat undangan atau pengingat jadwal dari berbagai acara, seperti pertemuan, rapat, dan kegiatan-kegiatan bersama lainnya.

Demikianlah cara membuat undangan acara di grup WA lewat menu Event yang baru tersedia. Lantaran baru tersedia, sebagian pengguna mungkin ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Event grup WA.

Lantas, sebenarnya apa itu Event grup WA? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai apa itu Event grup WA.

Apa itu Event grup WA?

Untuk diketahui, menu atau fitur Event sebetulnya bukan baru-baru ini hadir di WhatsApp. Fitur tersebut telah tersedia di WhatsApp sejak Mei lalu. Namun, saat itu, fitur Event hanya dirilis di obrolan Komunitas.

Beberapa bulan kemudian, fitur Event turut dihadirkan pula pada ruang obrolan grup. Event grup WA adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat undangan menghadiri agenda, acara, atau kegiatan, untuk dibagikan ke anggota grup.

Fitur Event juga dapat berfungsi sebagai pengingat jika terdapat agenda atau acara yang telah disepakati anggota grup. Lewat menu Event, pengguna bisa membuat undangan acara yang berisi beberapa detail informasi, seperti nama acara, deskripsi kegiatan, dan jadwal.

Kemudian, pengguna juga dapat menambahkan tautan telepon atau video call dalam undangan acara, jika terdapat anggota yang tidak bisa menghadiri kegiatan secara langsung. Saat undangan dikirim ke grup, tiap anggota bakal bisa melihat detail informasi itu.

Tampilan undangan di grup WhatsApp yang dibuat dengan menu baru Event.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan undangan di grup WhatsApp yang dibuat dengan menu baru Event.

Seandainya terdapat perubahan informasi undangan seperti jadwal, pengguna juga bisa mengganti atau mengeditnya. Namun, pengguna yang jadi pembuat undangan saja yang bisa mengedit informasi di dalamnya. Demikianlah ulasan soal Event grup WA.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah

Sebagai informasi tambahan, KompasTekno telah mendapatkan fitur Event grup WA pada aplikasi WhatsApp Android versi 2.24.8.85 dan WhatsApp iOS versi 2.24.12.78.

Pengguna bisa update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru di masing-masing ponsel untuk mendapatkan fitur Event grup WA. Jika setelah diperbarui fitur belum muncul, pengguna bisa sedikit bersabar karena fitur-fitur baru biasanya digelontorkan secara bertahap.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com