Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pemenang Kompetisi Bikin Stiker Line

Kompas.com - 09/06/2015, 12:38 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Kompetisi desain stiker Line di Indonesia akhirnya telah selesai dilaksanakan. Telah terpilih 10 pemenang dari kompetisi yang diadakan khusus untuk masyarakat Indonesia ini.

Menurut Line, seperti KompasTekno rangkum dari keterangan pers, Selasa (9/6/2015), total ada 10.000 stiker yang didaftarkan peserta. Dari stiker sebanyak itu, Line memilih 20 orang semifinalis dan mengerucut menjadi 10 pemenang melalui sistem voting.

Mekanisme penilaian yang dilakukan adalah berdasarkan orisinalitas karakter, sisi artistik, teknik, dan sisi menyenangkan yang sangat lekat dengan brand Line.

"Kami berharap dengan adanya kontes ini, akan lebih banyak lagi bakat-bakat lokal Indonesia terinspirasi untuk lebih kreatif dan terdorong untuk terjun lebih dalam di dunia desain," tulis Galuh Chandrakirana, Team Leader Marketing Line Indonesia.

Pemenang utama dari kompetisi ini bernama Jessica Imma dengan judul stiker Maple. Juara satu berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 50 juta.

Sementara itu, juara kedua dari kompetisi ini bernama Nur Afni Ikrimah dengan nama stiker Selvie, berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 40 juta.

Sedangkan juara ketiga, Prayoga Danuwirahadi, mendesain stiker bertajuk Soekirman Si Tukang Parkir dengan hadiah sejumlah Rp 30 juta.

Meski sudah menyelesaikan kompetisi, pihak Line masih mendorong masyarakat Indonesia untuk membuat stiker sendiri melalui Line Creator Market (https://creator.line.me). Pasalnya, si pembuat stiker bisa saja mendapatkan keuntungan dari penjualan stiker itu.

Proses penjualannya sendiri cukup mudah. Setelah memasukkan stiker tersebut ke Line Creator Market, pihak Line akan memberikan tinjauan. Setelah disetujui, stiker tersebut bakal langsung dijual di Line Store.

Sekitar 50 persen dari penjualan stiker ini akan diberikan kepada pembuat stiker, setelah dikurangi service charge 30 persen dari Apple Store atau Google Play.

Per 7 Mei 2015 lalu, tercatat lebih dari 390.000 pembuat stiker dari 156 negara yang telah mendaftar di Line Creator Market. Total jumlah pendapatan stiker dari Line dikatakan telah mencapai 8,946 miliar Yen atau sekitar Rp 960 miliar.

Peringkat Nama Judul Stiker Hadiah
1 Jessica Imma Maple Rp 50 juta
2 Nur Afni Ikrimah Selvie Rp 40 juta
3 Prayoga Danuwirahadi Soekirman Si Tukang Parkir Rp 30 juta
4 Niksen Lala: Polwan Cantik Rp 20 juta
5 Harry M. Hamzah Otan si Orangutan Rp 10 juta
6 Amelia Indriani Tahu & Tempe Rp 10 juta
7 Weanny Louie si Kerupuk Keriting Rp 10 juta
8 Annisa Dhia Baswedan Pocong Imut Rp 10 juta
9 David Wijaya The Most Famous Ghost Couple Rp 10 juta
10 Boy Dozan Jagoya Rp 10 juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com